SILABUS
Nama Sekolah : SMA .........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : XII (dua belas)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 54 JP
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan | Peta dan Pemetaan · Pengertian Peta · Jenis-jenis Peta · Komponen Peta | · Menyebutkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi · Menjelaskan perbedaan dari berbagai jenis peta · Secara individu, menunjukkan komponen-komponen pada peta yang telah disediakan | · Menjelaskan kembali pengertian peta · Membedakan jenis-jenis peta · Menunjukkan komponen-komponen peta | · Tes tertulis · Unjuk kerja · Tugas individu | · Uraian · Uji identifikasi · Uji Penguasaan Materi | · Rumuskan pengertian peta dari berbagai ahli dengan menggunakan bahasa sendiri! · Jelaskan perbedaan antara peta kuantitatif dan peta kualitatif! · Jelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe! · Tunjukkanlah komponen peta pada peta yang telah disediakan! · Kerjakanlah soal uji penguasaan materi pada buku sumber! (hal 13) | 6 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10) · Buku penunjang lain · Peta, Atlas, dan Globe · OHP · Slide Proyektor · Internet |
· Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan | · Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan · Secara berkelompok, menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 | · Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan · Menganalisis peta dengan baik | · Portofolio | · Analitika | · Analisislah pola persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 pada gambar 1.9! (Analitika hal 14) | 6 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14) · Buku penunjang lain · Peta · OHP · Slide Proyektor · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
1.2. Mempraktik-kan ketrampilan dasar peta dan pemetaan | · Membuat Peta | · Melakukan kunjungan ke Bakosurtanal · Secara berkelompok, siswa melakukan wawancara dengan pegawai Bakosurtanal dan membuat laporan hasil kunjungan Bakosurtanal · Mempresentasikan laporan hasil kunjungan ke Bakosurtanal · Secara berkelompok, membuat peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan | · Membuat laporan hasil pengukuran · Merumuskan data hasil pengukuran di lapangan · Membuat peta hasil pengukuran di lapangan | · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Unjuk kerja dan Tugas kelompok | · Wawancara · Laporan Kunjungan Bakosurtanal · Presentasi · Pemetaan · Peta wilayah sekolah | · Wawancarailah pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta! Buatlah laporannya berdasarkan kunjungan ke Bakosurtanal! · Presentasikanlah laporan hasil kunjungan Bakosurtanal! · Lakukan pengukuran wilayah sekolahmu, catat, dan buat laporan hasil pengukuran tersebut! Buatlah peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan! | 12 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14) · Buku penunjang lain · Peta, Atlas, dan Globe · Teodolit, kompas, kalkir · OHP · Slide Proyektor · Internet |
1.3. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta | · Menentukan Lokasi Industri dan Pertanian | · Menggali informasi tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian · Secara individu, mengerjakan Analitika pada buku sumber · Secara berkelompok, membuat peta tematik mengenai persebaran penduduk di Kecamatan Makmur, kemudian mendiskusikan pembagian wilayah tersebut | · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian · Membuat laporan hasil diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian | · Portofolio · Tugas kelompok · Tugas individu | · Analitika · Peta dan laporan diskusi · Evaluasi | · Berdasarkan peta tersebut, tentukan kegiatan ekonomi apakah yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut? Apakah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian atau industri? (Analitika hal 16 – 17) · Berdasarkan data kependudukan yang telah tersedia, buatlah peta persebaran penduduk dan peta pembagian wilayah Kec. Makmur! (Aktivitas hal 17 – 19) · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 20 - 22) | 6 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 14 - 19) · Buku penunjang lain · Peta, Atlas, dan Globe · OHP · Slide Proyektor · Internet · Media cetak |
2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh | Penginderaan Jauh · Pengertian Penginderaan Jauh · Unsur-unsur Citra Penginderaan Jauh · Pemanfaatan Penginderaan Jauh | · Secara mandiri, menyebutkan kembali pengertian penginderaan jauh dari berbagai referensi · Menjelaskan perbedaan unsur-unsur penginderaan jauh · Secara individu, mendeskripsikan manfaat penginderaan jauh | · Menjelaskan pengertian penginderaan jauh · Membedakan unsur-unsur penginderaan jauh · Mengidentifikasi pemanfaatan penginderaan jauh | · Tanya jawab · Tugas individu · Unjuk kerja · Tugas individu | · Uraian · Interpretasi citra · Diskusi · Evaluasi | · Jelaskan pengertian penginderaan jauh menurut Lillesand & Kiefer! · Interpretasikanlah citra yang kamu dapatkan dari berbagai sumber, amatilah unsur-unsur penginderaan jauh yang terdapat pada citra tersebut! · Diskusikanlah bersama teman-temanmu tentang berbagai bentuk pemanfaatan penginderaan jauh dalam kaitannya dengan bidang pertanian di Indonesia! (Aktivitas hal 35) · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 36-38) | 9 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 24 - 38) · Buku penunjang lain · Peta · Foto udara · OHP · Slide Proyektor · Internet |
2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) | Sistem Informasi Geografis (SIG) · Pengertian SIG · Komponen SIG | · Secara individu, merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi · Secara individu, mengidentifikasikan komponen-komponen SIG | · Merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi · Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG | · Tanya jawab | · Uraian | · Jelaskan dengan bahasamu sendiri tentang pengertian SIG! · Sebutkan komponen-komponen pada SIG! | 15 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10) · Buku penunjang lain · Peta · Foto udara · Gambar atau chart SIG |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Tahapan Kerja dalam SIG · Penerapan SIG dalam kajian geografi · Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi | · Secara berkelompok, melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG, kemudian menyimpulkan hasil overlay tersebut · Secara berkelompok, mendiskusikan tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tekstil dapat menentukan lokasi industri yang tepat · Tanya jawab tentang manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi | · Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG · Melakukan kegiatan meng-overlaykan peta transparansi · Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi · Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi | · Unjuk kerja · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas individu | · Overlay Peta · Diskusi · Laporan hasil diskusi · Tanya jawab · Evaluasi · Evaluasi Semester 1 | · Carilah informasi dari peta komposit yang kalian buat mengenai karakteristik temperatur, kepadatan penduduk, morfologi, dan curah hujan daerah tersebut! (Aktivitas hal 52) · Suatu perusahaan akan mendirikan pabrik tekstil. Diskusikanlah tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tersebut dapat menentukan lokasi yang tepat! (Aktivitas hal 58) · Identifikasikanlah manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi! · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 59 - 60) · Kerjakanlah soal evaluasi semester 1 pada buku sumber! (hal 61 - 64) | | · Sumber data SIG · Hardware dan software SIG · OHP · Slide Proyektor · Internet · Media cetak |
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : XII (dua belas)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 54 JP
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa dan kota | Pola Keruangan Desa dan Kota · Pengertian serta Ciri-ciri Desa dan Kota · Potensi Desa | · Menggali informasi tentang desa dan kota dari berbagai referensi · Menjelaskan kembali pengertian serta ciri-ciri desa dan kota dari berbagai referensi · Secara mandiri, mengidentifikasi potensi desa dan kaitannya dengan perkembangan desa dan kota · Secara berkelompok, menentukan wilayah tempat tinggal apakah termasuk wilayah kota atau desa | · Mendeskripsikan pengertian serta ciri-ciri desa dan kota · Mengidentifikasi potensi desa dan kaitannya dengan perkembangan desa dan kota | · Tes tertulis (post test) · Tugas individu · Tugas kelompok | · Uraian · Portofolio · Analitika | · Jelaskan pengertian desa dan kota menurut Prof. Dr. R. Bintarto! · Jelaskan perbedaan ciri-ciri antara desa dan kota! · Analisislah kaitan antara potensi desa dan tingkat perkembangan desa dan kota! · Buatlah analisis berdasarkan peta penggunaan lahan wilayah tempat tinggalmu, tentukan apakah wilayah tersebut termasuk wilayah kota atau desa! (Analitika hal 71) | 15 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 65 – 92) · Buku penunjang lain · Peta Indonesia · Peta penggunaan lahan di wilayah tempat tinggal · Gambar atau chart · OHP · Slide Proyektor · Internet · Media cetak |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Struktur Ruang Desa dan Kota · Interaksi Desa dan Kota | · Secara berkelompok, mengidentifikasi struktur ruang kota tempat tinggal dan menganalisis model-model teori struktur spasial kota yang sesuai dengan struktur kota tersebut · Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi desa – kota · Secara mandiri, latihan soal menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah · Secara berkelompok, mendiskusikan soal aktivitas pada buku sumber hal 88 · Secara individu, mengerjakan soal Evaluasi pada buku sumber | · Mengidentifikasi ciri-ciri struktur desa dan kota · Menganalisis model-model teori struktur spasial kota · Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi spasial desa – kota · Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah | · Unjuk kerja · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Latihan · Unjuk kerja · Tugas individu | · Diskusi kelompok · Diskusi · Laporan diskusi · Uraian · Diskusi · Evaluasi | · Analisislah pola keruangan kota tempat tinggalmu! Bandingkan dengan pola kota yang dikemukakan oleh para ahli! Apakah struktur kota tempat tinggalmu itu sesuai dengan salah satu teori tersebut? · Diskusikanlah dengan kelompok belajarmu Analitika pada buku sumber hal 83 – 84! · Buatlah laporan hasil diskusi tersebut! · Pada suatu wilayah terdapat tiga kota. Kota A berpenduduk 2.000 orang, Kota B 1.500 orang, dan Kota C 4.000 orang. Jarak antara Kota A dan B adalah 50 km, Kota B dan C 100 km., dan Kota A dan C 200 km. Berapa nilai kekuatan interaksi antara ketiga kota tersebut? · Buat kelompok beranggota 3-4 orang! Diskusikanlah soal Aktivitas pada buku sumber hal 88! · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 90 - 92) | | |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
3.2. Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah | Konsep Wilayah, Pewilayahan, dan Pertumbuhan · Wilayah Formal dan Fungsional · Pusat dan Batas Wilayah Pusat Pertumbuhan · Teori Tempat yang Sentral · Teori Kutub Pertumbuhan | · Membaca buku dan mencermati konsep wilayah dan pewilayahan · Menjelaskan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional · Mengidentifikasi kota/ wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan fungsional · Melalui diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region) dan klasifikasi wilayah (region classification) · Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan secara mandiri · Secara berkelompok, mendiskusikan batas-batas wilayah pusat pertumbuhan · Mendeskripsikan fase-fase pertumbuhan wilayah · Mendiskusikan perbedaan teori tempat sentral dan teori kutub pertumbuhan | · Merumuskan konsep wilayah dan pewilayahan · Mengidentifikasi wilayah yang termasuk wilayah formal dan atau fungsional · Membedakan generalisasi dan klasifikasi wilayah · Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan · Menentukan batas-batas wilayah pusat pertumbuhan · Mengungkapkan fase-fase pertumbuhan wilayah · Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan | · Post test · Unjuk kerja · Tanya jawab · Unjuk kerja · Tugas kelompok | · Uraian · Diskusi · Uraian · Diskusi · Makalah | · Jelaskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan! · Jelaskan perbedaan wilayah formal dan fungsional! · Analisislah mengenai perbedaan generalisasi wilayah (region) dan klasifikasi wilayah (region classification)! · Jelaskan pengertian pusat pertumbuhan! · Diskusikanlah batas-batas wilayah pusat pertumbuhan dan deskripsikan fase-fase pertumbuhan wilayah! · Diskusikanlah perbedaan antara teori tempat sentral dan teori kutub pertumbuhan! | 18 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 94 – 106) · Buku penunjang lain · Peta Indonesia · Peta Wilayah Pusat Pertumbuhan di Indonesia · OHP · Slide Proyektor · Internet · Media cetak |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Penerapan Konsep Pewilayahan di Indonesia | · Secara berkelompok, membuat makalah dan alat peraga berupa peta untuk mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia dan menganalisis pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial – budaya masyarakat · Secara individu, mengerjakan evaluasi pada buku sumber hal 104 - 106 | · Menunjukkan pada peta tentang pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia · Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia · Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial - budaya masyarakat | · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas individu | · Makalah · Peta pusat pertumbuhan di Indonesia · Presentasi · Uji kompetensi | · Buatlah makalah mengenai wilayah-wilayah pusat pertumbuhan di Indonesia dan analisislah pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial-budaya masyarakat! Presentasikan makalah tersebut! · Kerjakanlah evaluasi pada buku sumber! (hal 104 - 106) | | |
3.3. Menganalisis wilayah/ pewilayahan negara maju dan negara berkembang | Pola Wilayah Negara Maju dan Negara Berkembang · Indikator Negara Maju dan Negara Berkembang · Contoh-contoh Negara Maju dan Negara Berkembang | · Mengungkapkan kembali ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang · Menyebutkan contoh negara maju dan negara berkembang, serta menjelaskan karakteristik wilayah negara tersebut sehingga dapat digolongkan sebagai negara maju dan atau negara berkembang | · Mengidentifikasi ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang · Memberikan contoh negara maju dan negara berkembang | · Tanya jawab · Tugas kelompok · Unjuk kerja | · Uraian · Makalah · Presentasi | · Jelaskan ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang! · Buatlah makalah mengenai contoh negara maju dan negara berkembang beserta karakteristik negara tersebut! · Presentasikanlah makalah kelompok tersebut! | 21 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 108 – 153) · Buku penunjang lain · Peta, Atlas, dan Globe · World Population Data Sheet 2006 · Gambar model pengembangan wilayah · Gambar pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Model Pengembangan Wilayah di Negara Maju dan Negara Berkembang · Pola Pembangunan atau Pengembangan Wilayah Indonesia | · Secara berkelompok, menganalisis beberapa model pengembangan wilayah negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan gambar pola bentuk kota di negara maju dan negara berkembang · Mencermati pola pembangunan dan pengembangan wilayah Indonesia pada buku sumber · Secara berkelompok, membuat laporan/ makalah mengenai pola pembangunan atau pengembangan wilayah di Indonesia, kemudian dipresentasikan | · Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah di negara maju dan negara berkembang · Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia | · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas individu | · Diskusi · Makalah · Presentasi · Evaluasi · Evaluasi Semester 2 | · Analisislah secara berkelompok model pengembangan wilayah negara maju dan negara! · Buatlah makalah mengenai pola pembangunan atau pengembangan wilayah di Indonesia! · Presentasikanlah makalah kelompok tersebut! · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 151 - 153) · Kerjakanlah soal evaluasi semester 2 pada buku sumber! (hal 154 - 156) | | · Peta konsep · OHP · Slide Proyektor · Internet · Media cetak |
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar