Senin, 26 April 2010

SILABUS GEOGRAFI KLS XII

SILABUS

Nama Sekolah : SMA .........................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/ Semester : XII (dua belas)/ 1 (satu)

Alokasi Waktu : 54 JP

Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

Peta dan Pemetaan

· Pengertian Peta

· Jenis-jenis Peta

· Komponen Peta

· Menyebutkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi

· Menjelaskan perbedaan dari berbagai jenis peta

· Secara individu, menunjukkan komponen-komponen pada peta yang telah disediakan

· Menjelaskan kembali pengertian peta

· Membedakan jenis-jenis peta

· Menunjukkan komponen-komponen peta

· Tes tertulis

· Unjuk kerja

· Tugas individu

· Uraian

· Uji identifikasi

· Uji Penguasaan Materi

· Rumuskan pengertian peta dari berbagai ahli dengan menggunakan bahasa sendiri!

· Jelaskan perbedaan antara peta kuantitatif dan peta kualitatif!

· Jelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe!

· Tunjukkanlah komponen peta pada peta yang telah disediakan!

· Kerjakanlah soal uji penguasaan materi pada buku sumber! (hal 13)

6 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10)

· Buku penunjang lain

· Peta, Atlas, dan Globe

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

· Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan

· Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

· Secara berkelompok, menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000

· Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

· Menganalisis peta dengan baik

· Portofolio

· Analitika

· Analisislah pola persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 pada gambar 1.9! (Analitika hal 14)

6 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14)

· Buku penunjang lain

· Peta

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

1.2. Mempraktik-kan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

· Membuat Peta

· Melakukan kunjungan ke Bakosurtanal

· Secara berkelompok, siswa melakukan wawancara dengan pegawai Bakosurtanal dan membuat laporan hasil kunjungan Bakosurtanal

· Mempresentasikan laporan hasil kunjungan ke Bakosurtanal

· Secara berkelompok, membuat peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan

· Membuat laporan hasil pengukuran

· Merumuskan data hasil pengukuran di lapangan

· Membuat peta hasil pengukuran di lapangan

· Unjuk kerja

· Tugas kelompok

· Unjuk kerja

· Unjuk kerja dan Tugas kelompok

· Wawancara

· Laporan Kunjungan Bakosurtanal

· Presentasi

· Pemetaan

· Peta wilayah sekolah

· Wawancarailah pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta! Buatlah laporannya berdasarkan kunjungan ke Bakosurtanal!

· Presentasikanlah laporan hasil kunjungan Bakosurtanal!

· Lakukan pengukuran wilayah sekolahmu, catat, dan buat laporan hasil pengukuran tersebut! Buatlah peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan!

12 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14)

· Buku penunjang lain

· Peta, Atlas, dan Globe

· Teodolit, kompas, kalkir

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

1.3. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta

· Menentukan Lokasi Industri dan Pertanian

· Menggali informasi tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

· Secara individu, mengerjakan Analitika pada buku sumber

· Secara berkelompok, membuat peta tematik mengenai persebaran penduduk di Kecamatan Makmur, kemudian mendiskusikan pembagian wilayah tersebut

· Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

· Membuat laporan hasil diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

· Portofolio

· Tugas kelompok

· Tugas individu

· Analitika

· Peta dan laporan diskusi

· Evaluasi

· Berdasarkan peta tersebut, tentukan kegiatan ekonomi apakah yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut? Apakah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian atau industri? (Analitika hal 16 – 17)

· Berdasarkan data kependudukan yang telah tersedia, buatlah peta persebaran penduduk dan peta pembagian wilayah Kec. Makmur! (Aktivitas hal 17 – 19)

· Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 20 - 22)

6 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 14 - 19)

· Buku penunjang lain

· Peta, Atlas, dan Globe

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

· Media cetak

2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

2.1. Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh

Penginderaan Jauh

· Pengertian Penginderaan Jauh

· Unsur-unsur Citra Penginderaan Jauh

· Pemanfaatan Penginderaan Jauh

· Secara mandiri, menyebutkan kembali pengertian penginderaan jauh dari berbagai referensi

· Menjelaskan perbedaan unsur-unsur penginderaan jauh

· Secara individu, mendeskripsikan manfaat penginderaan jauh

· Menjelaskan pengertian penginderaan jauh

· Membedakan unsur-unsur penginderaan jauh

· Mengidentifikasi pemanfaatan penginderaan jauh

· Tanya jawab

· Tugas individu

· Unjuk kerja

· Tugas individu

· Uraian

· Interpretasi citra

· Diskusi

· Evaluasi

· Jelaskan pengertian penginderaan jauh menurut Lillesand & Kiefer!

· Interpretasikanlah citra yang kamu dapatkan dari berbagai sumber, amatilah unsur-unsur penginderaan jauh yang terdapat pada citra tersebut!

· Diskusikanlah bersama teman-temanmu tentang berbagai bentuk pemanfaatan penginderaan jauh dalam kaitannya dengan bidang pertanian di Indonesia! (Aktivitas hal 35)

· Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 36-38)

9 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 24 - 38)

· Buku penunjang lain

· Peta

· Foto udara

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Sistem Informasi Geografis (SIG)

· Pengertian SIG

· Komponen SIG

· Secara individu, merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi

· Secara individu, mengidentifikasikan komponen-komponen SIG

· Merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi

· Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG

· Tanya jawab

· Uraian

· Jelaskan dengan bahasamu sendiri tentang pengertian SIG!

· Sebutkan komponen-komponen pada SIG!

15 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10)

· Buku penunjang lain

· Peta

· Foto udara

· Gambar atau chart SIG

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

· Tahapan Kerja dalam SIG

· Penerapan SIG dalam kajian geografi

· Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi

· Secara berkelompok, melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG, kemudian menyimpulkan hasil overlay tersebut

· Secara berkelompok, mendiskusikan tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tekstil dapat menentukan lokasi industri yang tepat

· Tanya jawab tentang manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi

· Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG

· Melakukan kegiatan meng-overlaykan peta transparansi

· Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi

· Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi

· Unjuk kerja

· Unjuk kerja

· Tugas kelompok

· Unjuk kerja

· Tugas individu

· Overlay Peta

· Diskusi

· Laporan hasil diskusi

· Tanya jawab

· Evaluasi

· Evaluasi Semester 1

· Carilah informasi dari peta komposit yang kalian buat mengenai karakteristik temperatur, kepadatan penduduk, morfologi, dan curah hujan daerah tersebut! (Aktivitas hal 52)

· Suatu perusahaan akan mendirikan pabrik tekstil. Diskusikanlah tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tersebut dapat menentukan lokasi yang tepat! (Aktivitas hal 58)

· Identifikasikanlah manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi!

· Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 59 - 60)

· Kerjakanlah soal evaluasi semester 1 pada buku sumber! (hal 61 - 64)

· Sumber data SIG

· Hardware dan software SIG

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

· Media cetak

Mengetahui, ………………, …………………………

Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi

__________________________ _____________________________

NIP/NRK. NIP/NRK.


SILABUS

Nama Sekolah : SMA .........................................................

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/ Semester : XII (dua belas)/ 2 (dua)

Alokasi Waktu : 54 JP

Standar Kompetensi : 3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

3.1. Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa dan kota

Pola Keruangan Desa dan Kota

· Pengertian serta Ciri-ciri Desa dan Kota

· Potensi Desa

· Menggali informasi tentang desa dan kota dari berbagai referensi

· Menjelaskan kembali pengertian serta ciri-ciri desa dan kota dari berbagai referensi

· Secara mandiri, mengidentifikasi potensi desa dan kaitannya dengan perkembangan desa dan kota

· Secara berkelompok, menentukan wilayah tempat tinggal apakah termasuk wilayah kota atau desa

· Mendeskripsikan pengertian serta ciri-ciri desa dan kota

· Mengidentifikasi potensi desa dan kaitannya dengan perkembangan desa dan kota

· Tes tertulis (post test)

· Tugas individu

· Tugas kelompok

· Uraian

· Portofolio

· Analitika

· Jelaskan pengertian desa dan kota menurut Prof. Dr. R. Bintarto!

· Jelaskan perbedaan ciri-ciri antara desa dan kota!

· Analisislah kaitan antara potensi desa dan tingkat perkembangan desa dan kota!

· Buatlah analisis berdasarkan peta penggunaan lahan wilayah tempat tinggalmu, tentukan apakah wilayah tersebut termasuk wilayah kota atau desa! (Analitika hal 71)

15 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 65 – 92)

· Buku penunjang lain

· Peta Indonesia

· Peta penggunaan lahan di wilayah tempat tinggal

· Gambar atau chart

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

· Media cetak

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

· Struktur Ruang Desa dan Kota

· Interaksi Desa dan Kota

· Secara berkelompok, mengidentifikasi struktur ruang kota tempat tinggal dan menganalisis model-model teori struktur spasial kota yang sesuai dengan struktur kota tersebut

· Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi desa – kota

· Secara mandiri, latihan soal menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah

· Secara berkelompok, mendiskusikan soal aktivitas pada buku sumber hal 88

· Secara individu, mengerjakan soal Evaluasi pada buku sumber

· Mengidentifikasi ciri-ciri struktur desa dan kota

· Menganalisis model-model teori struktur spasial kota

· Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi spasial desa – kota

· Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah

· Unjuk kerja

· Unjuk kerja

· Tugas kelompok

· Latihan

· Unjuk kerja

· Tugas individu

· Diskusi kelompok

· Diskusi

· Laporan diskusi

· Uraian

· Diskusi

· Evaluasi

· Analisislah pola keruangan kota tempat tinggalmu! Bandingkan dengan pola kota yang dikemukakan oleh para ahli! Apakah struktur kota tempat tinggalmu itu sesuai dengan salah satu teori tersebut?

· Diskusikanlah dengan kelompok belajarmu Analitika pada buku sumber hal 83 – 84!

· Buatlah laporan hasil diskusi tersebut!

· Pada suatu wilayah terdapat tiga kota. Kota A berpenduduk 2.000 orang, Kota B 1.500 orang, dan Kota C 4.000 orang. Jarak antara Kota A dan B adalah 50 km, Kota B dan C 100 km., dan Kota A dan C 200 km. Berapa nilai kekuatan interaksi antara ketiga kota tersebut?

· Buat kelompok beranggota 3-4 orang! Diskusikanlah soal Aktivitas pada buku sumber hal 88!

· Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 90 - 92)


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

3.2. Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah

Konsep Wilayah, Pewilayahan, dan Pertumbuhan

· Wilayah Formal dan Fungsional

· Pusat dan Batas Wilayah Pusat Pertumbuhan

· Teori Tempat yang Sentral

· Teori Kutub Pertumbuhan

· Membaca buku dan mencermati konsep wilayah dan pewilayahan

· Menjelaskan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional

· Mengidentifikasi kota/ wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan fungsional

· Melalui diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region) dan klasifikasi wilayah (region classification)

· Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan secara mandiri

· Secara berkelompok, mendiskusikan batas-batas wilayah pusat pertumbuhan

· Mendeskripsikan fase-fase pertumbuhan wilayah

· Mendiskusikan perbedaan teori tempat sentral dan teori kutub pertumbuhan

· Merumuskan konsep wilayah dan pewilayahan

· Mengidentifikasi wilayah yang termasuk wilayah formal dan atau fungsional

· Membedakan generalisasi dan klasifikasi wilayah

· Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan

· Menentukan batas-batas wilayah pusat pertumbuhan

· Mengungkapkan fase-fase pertumbuhan wilayah

· Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan

· Post test

· Unjuk kerja

· Tanya jawab

· Unjuk kerja

· Tugas kelompok

· Uraian

· Diskusi

· Uraian

· Diskusi

· Makalah

· Jelaskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan!

· Jelaskan perbedaan wilayah formal dan fungsional!

· Analisislah mengenai perbedaan generalisasi wilayah (region) dan klasifikasi wilayah (region classification)!

· Jelaskan pengertian pusat pertumbuhan!

· Diskusikanlah batas-batas wilayah pusat pertumbuhan dan deskripsikan fase-fase pertumbuhan wilayah!

· Diskusikanlah perbedaan antara teori tempat sentral dan teori kutub pertumbuhan!

18 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 94 – 106)

· Buku penunjang lain

· Peta Indonesia

· Peta Wilayah Pusat Pertumbuhan di Indonesia

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

· Media cetak


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

· Penerapan Konsep Pewilayahan di Indonesia

· Secara berkelompok, membuat makalah dan alat peraga berupa peta untuk mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia dan menganalisis pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial – budaya masyarakat

· Secara individu, mengerjakan evaluasi pada buku sumber hal 104 - 106

· Menunjukkan pada peta tentang pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia

· Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia

· Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial - budaya masyarakat

· Tugas kelompok

· Unjuk kerja

· Tugas individu

· Makalah

· Peta pusat pertumbuhan di Indonesia

· Presentasi

· Uji kompetensi

· Buatlah makalah mengenai wilayah-wilayah pusat pertumbuhan di Indonesia dan analisislah pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial-budaya masyarakat! Presentasikan makalah tersebut!

· Kerjakanlah evaluasi pada buku sumber! (hal 104 - 106)

3.3. Menganalisis wilayah/ pewilayahan negara maju dan negara berkembang

Pola Wilayah Negara Maju dan Negara Berkembang

· Indikator Negara Maju dan Negara Berkembang

· Contoh-contoh Negara Maju dan Negara Berkembang

· Mengungkapkan kembali ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang

· Menyebutkan contoh negara maju dan negara berkembang, serta menjelaskan karakteristik wilayah negara tersebut sehingga dapat digolongkan sebagai negara maju dan atau negara berkembang

· Mengidentifikasi ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang

· Memberikan contoh negara maju dan negara berkembang

· Tanya jawab

· Tugas kelompok

· Unjuk kerja

· Uraian

· Makalah

· Presentasi

· Jelaskan ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang!

· Buatlah makalah mengenai contoh negara maju dan negara berkembang beserta karakteristik negara tersebut!

· Presentasikanlah makalah kelompok tersebut!

21 JP

· Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 108 – 153)

· Buku penunjang lain

· Peta, Atlas, dan Globe

· World Population Data Sheet 2006

· Gambar model pengembangan wilayah

· Gambar pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber /Bahan/

Alat Belajar

Teknik

Bentuk

Tagihan

Contoh

Instrumen

· Model Pengembangan Wilayah di Negara Maju dan Negara Berkembang

· Pola Pembangunan atau Pengembangan Wilayah Indonesia

· Secara berkelompok, menganalisis beberapa model pengembangan wilayah negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan gambar pola bentuk kota di negara maju dan negara berkembang

· Mencermati pola pembangunan dan pengembangan wilayah Indonesia pada buku sumber

· Secara berkelompok, membuat laporan/ makalah mengenai pola pembangunan atau pengembangan wilayah di Indonesia, kemudian dipresentasikan

· Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah di negara maju dan negara berkembang

· Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia

· Unjuk kerja

· Tugas kelompok

· Unjuk kerja

· Tugas individu

· Diskusi

· Makalah

· Presentasi

· Evaluasi

· Evaluasi Semester 2

· Analisislah secara berkelompok model pengembangan wilayah negara maju dan negara!

· Buatlah makalah mengenai pola pembangunan atau pengembangan wilayah di Indonesia!

· Presentasikanlah makalah kelompok tersebut!

· Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 151 - 153)

· Kerjakanlah soal evaluasi semester 2 pada buku sumber! (hal 154 - 156)

· Peta konsep

· OHP

· Slide Proyektor

· Internet

· Media cetak

Mengetahui, ………………, …………………………

Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi

__________________________ _____________________________

NIP/NRK. NIP/NRK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar