Selasa, 20 April 2010

soal-soal pilihan ganda geografi

Kunci Soal Evaluasi Buku Mengkaji Ilmu Geografi 1

Bab 1

Pengantar Ilmu Geografi

A. Pilihan ganda

1. d 11. b

2. c 12. a

3. b 13. d

4. b 14. e

5. e 15. e

6. d 16. c

7. c 17. b

8. e 18. c

9. d 19. c

10. b 20. d

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

1. Berikut hanya beberapa contoh ilmu pengetahuan yang mendukung ilmu geografi, ilmu-ilmu yang lain bisa Anda cari sendiri.

a. Geologi: Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan: kejadian, struktur, komposisi,sejarah, dan proses perkembangannya.

b. Geofisika: Ilmu yang mengkajisifat-sifat bumi bagian dalamdengan metode teknik fisika,seperti mengukur gempa bumi,gravitasi, medan megnet, dansebagainya

c. Meteorologi: ilmu yang mempelajariatmosfer, misalnyaudara, cuaca, suhu, angin, dansebagainya.

d. Astronomi: ilmu yang mempelajaribenda-benda langitdi luar atmosfer bumi, sepertimatahari, bulan, bintang, danruang angkasa.

e. Biogeografi: studi tentangpenyebaran makhluk hidup secara geografis di muka bumi.

3. Gejala alam adalah suatu keadaanalami yang terjadi akibat dinamisegerak-gerak yang ada di alam iniditambah dengan tenaga-tenaga(endogen dan eksogen) yang ada.

Gejala alam ini akan memengaruhikehidupan manusia baik secaralangsung ataupun tidak langsung,baik disenangi manusia maupuntidak. Manusialah yang harusmenyesuaikan diri terhadap gejalaalam ini.

4. a. Kerugian gunung api, meletusnyagunung api akan berdampakpada rusaknya habitatalam yang ada di sekitar puncakmaupun lereng gunung,seperti matinya binatang dantumbuh-tumbuhan, terjadinyabanjir lahar dingin, dan lainlain.

b. Keuntungan gunung berapi:seteleh gunung api meletus danmengeluarkan material-materialyang ada seperti abu danbatu-batuan, material-materialtersebut akanmenjadikan tanahmenjadi sangat subur. Dan daritingkat kesuburan lahan, sangat

menentukan kesanggupanmasyarakat untuk bertahan disuatu wilayah.

5. Prinsip pokok dalam geografiadalah suatu prinsip atau metodeRPP Mengkaji Geografi SMA 1 49yang digunakan dalam uraian,pengkajian, pengungkapan gejala,

variabel, faktor, dan masalah geografidan dilakukan pada waktumelakukan pendekatan terhadapobjek yang dipelajari.

6. Prinsip dalam geografi

- prinsip interelasi;

- prinsip deskripsi;

- prinsip persebaran;

- prinsip korologi.

7. Beberapa contoh bahwa manusiasudah sejak dahulu menerapkankonsep geografi, jauh sebelummereka menganal ilmu geografi itusendiri, yaitu sebagai berikut.

a. Penerapan konsep morfologiManusia sejak dahuluselalu lebih memilih kawasan

yang mempunyai relief datarataupun sedikit bergelombangguna untuk bertempat tinggaldan berniaga. Sebab di sampingmudah dijangkau dan lebihmudah untuk dikembangkansarana-sarana penunjang kehidupan(jalan raya, rel keretaapi, kawasan perdagangan, danlain-lain).

b. Penerapan konsep aglomerasiSejak dahulu tempat tinggalpedagang biasanya berusahauntuk tidak terlalu jauhdari pusat-pusat pemerintahandan pusat-pusat perdagangan.Sebagai contoh di kota Solo,kawasan perkampungan etnisCina (Pecinan) yang berada didaerah pasar Gede juga dekatdengan kraton sebagai pusatpemerintahan masa lalu.

8. a. Objek material ilmu geografadalah bahan kajian atau masalahyang dibahas di dalam ilmugeografi yang mungkin sajabisa sama dengan bahan kajiandari ilmu-ilmu kebumian yanglain.

b. Objek formal ilmu geografiadalah suatu metode pendekatanyang terapkan oleh ilmugeografi terhadap bahan-bahankajian sehingga menyebabkankajian ilmu geografi tersebutberbeda dengan ilmu-ilmuyang lainnya.

9. Sebab di dalam ilmu geografi tidaksaja mempelajari tentang fenomenafenomena

alam (atmosfer, litosfer,biosfer) namun juga mempelajarimanusia dan perilakunya terhadapkehidupan serta alam (bumi) secarakeruangan dan waktu.

Bab 2

Pembentukan Jagat Raya, Tata

Surya, dan Bumi

A. Pilihan ganda

1. a 11. b 21. c 31. e

2. d 12. d 22. c 32. e

3. b 13. a 23. b 33. d

4. d 14. c 24. a 34. c

5. e 15. b 25. d 35. d

6. b 16. c 26. a

7. e 17. a 27. a

8. a 18. c 28. c

9. a 19. a 29. c

10. c 20. c 30. b

50 RPP Mengkaji Geografi SMA 1

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

1. Gerak litosfer menurut teori lempeng

tektonik

a. Dua lempeng saling menjauh(Divergent-Plate Boundaries)Peristiwa ini dapat terjadipada suatu lempeng yang sedangpecah. Contoh perbatasandivergent pada lempeng samudraadalah punggungansamudra dan perbatasan divergentdi lempeng benua adalahLembah Retak Besar Afrika.

b. Dua lempeng saling menumbuk

(Subduction)Kerak samudra yang lebihtipis didesak ke bawah olehkerak benua yang lebih tebaldan kaku. Di tempat ini terbentukpalung-palung laut, yaitudasar laut yang dalam danmemanjang. Contoh palung,antara lain Palung Laut Aleut,Palung Jepang, Palung Guam,dan Palung Mindanau. PalungJawa di sebelah selatan Pulau

Jawa merupakan tempat pertemuanantara lempeng dasarSamudra Hindia dengan lempengBenua Asia.

c. Dua lempeng saling berpapasanatau pergeseran mendatar(Transform fault)Di daerah seperti itu terdapataktivitas vulkanismeyang lemah disertai gempayang tidak kuat. Gejala pergeseranitu tampak pada tangguldasar samudra yang tidak berhubungan,tetapi terputus-putus.Tanggul dasar samudra dibagian tengah Samudra Atlantikternyata terputus-putus akibatdari pergeseran mendatartersebut.

2. Jika dua lempeng saling bertemu(bertumbukan), maka harus kitalihat dahulu apa jenis lempengnya

a. Jika lempeng samudra danlempeng benua, maka terjadi

terbentuknya palung laut;

terbentuknya daerah-daerahpusat gempa;

terbentuknya rangkaiankepundan vulkanis;

terbentuknya rangkaianpegunungan nonvulkanis.

b. Jika lempeng samudra denganlempeng samudra ataupun lempengbenua dengan lempengbenua

suatu pusat daearah gempadi daratan;

terbentuknya suatu pegunungannonvulkanis.

3. Perbedaan patahan dan lipatan

Faktor

Beda

Patahan Lipatan

1. Sifatbatuan

2. Kaitandenganprosesvulkanisme

3. PotensiSDA

Mudah patah/pecah.

Biasanya prosesvulkanismemengikuti magmakeluar lewat bidangpatahan.

Berpeluangterjadinya jebakanmineral-minerallogam.

Bersifat lentur.

• Tidak terkaitdengan vulkanisme.

• Berpeluangmenjadi tempatpenimpananminyak dan gasbumi.

4. Lihat gambar 2.39 (halaman 56)Akibat pertemuan antara dua lempeng(samudra dan benua) akan

RPP Mengkaji Geografi SMA 1 51

terjadi ”penyusupan” lempengsamudra dengan lempeng benua.

Hal ini akan menimbulkan ketidakstabilanpada litosfer keduanya.Ketidakstabilan yang terjadi adalahterjadinya kontraksi (gempa) padapermukaan litosfer dan menimbulkanadanya retakan-retakan padalitosfer. Lewat retakan-retakan inilahmenjadikan ”pintu keluar” bagimagma yang ada di dalam bumi untukkeluar. Jadi terjadinya korelasikuat (meskipun tidak selalu) antaraperistwa gempa ataupun pusat-pusatgempa dengan gejala vulkanismeyang ada.

5. Proses pembentukan bumi menurutRittman.

Butir-butir debu angkasa menggumpalmembentuk bendabendaseukuran planet.

Terjadinya pelapukan radioaktifdan jatuhnya sisa-sisagumpalan awan.

Pembentukan atmosfer purba.

Bumi mulai mendingin, terbentukawan tebal di atmosfer.

Hujan deras di seluruh bumi.

CO2 di udara mulai larut dalamgenangan air, planet menjaditidak lagi panas.

2 1

_ 2 milyar tahun yang lalu, terbentuklahbumi yang biru sepertisekarang.

6. Komet tidak dapat disebut sebagaibintang karena

cahaya komet tidak tetap,kadang menyala dengan tenang,meredup, bahkan hilang(tidak bercahaya) sama sekali;

komet mengitari suatu bintang(matahari) dan lintasan kometbisa berubah;

cahaya komet terjadi karenaterpengaruh adanya radiasi danterpaan solar wind dari matahari(tergantung dari matahari).

7. Beberapa klasifikasi tentang planet

a. Berdasarkan pembatasan lintasanorbit bumi, dibedakanmenjadi

Planet dalam (inner planet)yaitu planet-planet disebelah dalam lintasanBumi,meliputi Merkuriusdan Venus.

Planet luar (outer planet)yaitu planet-planet di sebelahluar dari lintasanBumi, meliputi Mars,Yupiter, Saturnus, Uranus,dan Neptunus.

b. Berdasarkan pembatasan olehkeberadaan asteroid

Planet kebumian (terestrialplanet), meliputi Merkurius,Venus, Bumi, dan Mars.

Planet-planet besar (mayorplanet), meliputi Yupiter,Saturnus, Uranus, danNeptunus.

8. Lapisan kulit matahari adalah

a. Inti matahariPanas yang dihasilkan dipindahkanke permukaan mataharimelalui proses radiasi melaluigas yang sangat rapat yang adadi dalam bagian matahari (suhu

1,5 × 107 K).52 RPP Mengkaji Geografi SMA 1

b. Fotosfer adalah permukaanatau kulit matahari yang terdiriatas gas-gas (suhu 6000 K), dimanaterdapat bentuk-bentukyang terdiri atas materi besarkecil (granulasi matahari).

c. Kromosfer adalah lapisangas yang sangat panas yangmenyelubungi matahari. Dalamlapisan ini terkadang terlihatlidah api yang memancar sampaimemenuhi lapisan gas yangterletak di atasnya.

d. Korona adalah merupakan lapisangas yang renggang disekeliling matahari di luar

kromosfer dan berwarna putihkekilau-kilauan (suhu1.000.000 K).

9. Galaksi mempunyai ciri-ciri sebagaiberikut.

a. Galaksi harus mempunyaicahaya sendiri, dan bukancahaya pantulan.

b. Galaksi harus mempunyai bentuktertentu.

10. Artinya bahwa bintang X mempunyaiperbedaan (2,51)5 = 99.625kali lebih terang dari bintang Y.

11. Planet dinamakan sebagai ”bintangpengembara” karena planet mendapatcahaya pantulan dari matahari,jadi seakan-akan bersinar sepertibintang. Namun di samping ituplanet juga beredar (berevolusi)mengelilingi matahari, kemudiansampai kembali ke daerah (posisi)awalnya.

12. Penyebab komet datang secaraberkala adalah

a. komet mempunyai lintasan tertentu,dan akan kembali padaposisi awalnya pada periodetertentunya (lintasan kometberbentuk elips dan parabola)

b. komet juga merupakan anggotatata surya, jadi dia masih tertarik/terikat oleh gaya gravitasidari bintang induknya (padatata surya kita adalah matahari),jadi dia akan selalu berputardan kembali secara berkala.

13. Bentuk bulan yang berubah-ubahditentukan oleh kedudukan bulanterhadapmatahari terlihat daribumi.

14. Bukti-bukti bahwa bumi berevolusiyaitu

adanya aberasi (sesatan cahaya);

adanya perallaxis (beda lihat);

adanya pergeseran matahariantara garis balik utara dan garisbalik selatan;

pergantian musim di daerahiklim sedang;

terjadinya peredaran semu tahunanmatahari.

15. Indonesia terbagi menjadi tiga daerahwaktu (WIB, WITA, dan WIT),masingmasing daerah waktu dibatasigaris bujur yang merupakanselisih waktu. Masing-masingdaerah waktu mempunyai selisih1 jam. Maka selisih WIB denganWIT adalah 2 jam.

RPP Mengkaji Geografi SMA 1 53

Latihan Ulangan Semeter 1

A. Pilihan ganda

1. c 21. d 41. d

2. c 22. e 42. e

3. c 23. c/e 43. b

4. d 24. c 44. b

5. a 25. b 45. d

6. c 26. e 46. b

7. b 27. a 47. b

8. d 28. b 48. c

9. d 29. b 49. e

10. c 30. a 50. c

11. c 31. a 51. a/e

12. b 32. d 52. c

13. d 33. e 53. a

14. c 34. e 54. d

15. b 35. a 55. a

16. b 36. c 56. a

17. c 37. a 57. d

18. c 38. d 58. b

19. c 39. d 59. c

20. b 40. e 60. d

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

1. a. Pada kawasan karst, persebaran

dan pola pemukiman penduduk

akan bergerombol, tidak jauh

dari sumber-sumber air.

b. Pola pemukiman penduduk di

sekitar sungai besar adalah memanjang

sejajar dengan pola

sungai yang ada.

c. Permasalahan sosial akan sering

terjadi pada kawasan padat

dan kumuh di daerah pinggiran

perkotaan.

2. Geografi merupakan pengetahuan

yang diperoleh dan digali dari lapangan

melalui berbagai cara dan

kesempatan. Jadi geografi merupakan

ilmu pengetahuan yang terus

berkembang yang merupakan hasil

observasi. Oleh sebab itulah, ilmu

geografi sangat membutuhkan dukungan

dari ilmu-ilmu pendukung

lainnya.

3. Lokasi absolut menunjukkan letak

yang tetap terhadap sistem grid atau

koordinat. Dalam penentuan lokasi

absolut digunakan sistem koordinat

garis lintang dan garis bujur. Contoh

kota “X” terletak pada 70 23’

18” LS – 70 30’ 16” LS, 8 01’ 04”

BT – 8 03’ 02” BT.

Lokasi relatif lebih penting dan lebih

banyak dikaji dalam geografi,

Lokasi relatif tersebut sebagai letak

geografis. Arti lokasi ini berubahubah

sesuai dengan keadaan daerah

sekitarnya. Lokasi ini dekat atau di

tepi jalan raya dapat menjadikan

harga tanah menjadi sangat mahal

karena disukai sebagai tempat usaha.

4. Bulan beredar mengelilingi bumi,

lama peredaran ini sama dengan

lamanya waktu berputar pada sumbunya

(rotasi). Akibatnya, bagian

bulan yang tampak dari bumi hanyalah

sebelah saja, sedangkan

bagian yang lain tidak tampak. Hal

ini dikarenakan arah peredarannya

sama dengan arah putaran bumi

pada sumbunya dan mengelilingi

bumi. Sumbu bulan membentuk

sudut sebesar 880 dengan bidang

lintasannya. Selama peredarannya

mengelilingi bumi, kedudukan

sumbu sejajar dengan dirinya sendiri.

54 RPP Mengkaji Geografi SMA 1

5. Galaksi mempunyai ciri-ciri sebagai

berikut.

Galaksi mempunyai cahaya

sendiri dan bukan cahaya pantulan.

Galaksi mempunyai bentukbentuk

tertentu misalnya bentuk

spiral atau pilin, elips, dan

bentuk tidak beraturan (irregular

galaksi).

7. Arah ekor komet selalu menjauh

dari arah sinar matahari, karena

matahari selain memancarkan sinar,

panas, dan radiasi, juga memancarkan

hembusan angin yang

disebut sebagai solar wind (angin

matahari).

Tidaklah tepat jika komet disebut

sebagai bintang karena

cahayanya tidaklah tetap, kadang

terang, kadang redup,

bahkan tidak bercahaya sama

sekali;

cahayanya bukan cahaya sejati,

masih menggantungkan pada

cahaya matahari.

10. Karena keberadaan sunspot ini akan

mengotori lapisan ionosfer pada

bumi (atmosfer bumi) sehingga

akan menimbulkan dampak gangguan

dalam pancaran dan penerimaan

gelombang elektromagnetik

sehingga mengganggu kinerja peralatan

elektronik seperti radio, tv,

jarum magnet, dan sebagainya.

Bab 3

Litosfer

A. Pilihan ganda

1. c 11. a 21. c

2. d 12. b 22. c

3. a 13. a 23. a

4. a 14. e 24. c

5. d 15. a 25. c

6. b 16. c 26. b

7. b 17. d 27. d

8. b 18. c 28. e

9. c 19. e 29. a

10. e 20. a 30. b

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

2. Tenaga pembentuk muka bumi

a. Tenaga endogen adalah tenaga

yang berasal dari dalam bumi.

Tenaga endogen terbagi atas

tiga bagian, yaitu tektonisme,

vulkanisme, dan gempa.

Tektonisme

Tektonisme atau tenaga

tektonik adalah tenaga

geologi yang berasal dari

dalam bumi dengan arah

vertikal atau horizontal

yang mengakibatkan perubahan

letak lapisan batuan

yang membentuk permukaan

bumi. Proses ini

menghasilkan lipatan dan

patahan, baik dalam ukuran

besar maupun ukuran

kecil.

Vulkanisme

Vulkanisme adalah peristiwa

yang berhubungan dengan

magma yang keluar

mencapai permukaan bumi

RPP Mengkaji Geografi SMA 1 55

melalui retakan dalam kerak

bumi. Peristiwa ini disebut

terusan kepundan

atau diatrema. Magma

yang keluar sampai ke permukaan

bumi disebut lava.

Biasanya keluarnya lava

ditandai dengan ledakanledakan.

Gempa

Gempa adalah suatu getaran

asli yang bersumber

dari dalam bumi dan

merambat ke permukaan.

Pada saat gempa bumi terjadi,

kita dapat merasakan

adanya getaran bumi di

tempat kita berpijak. Kerusakan

akibat gempa bumi

biasanya diikuti bencana

sekunder, seperti kebakaran,

terputusnya aliran listrik,

dan gelombang laut

yang sangat dahsyat (tsunami).

b. Tenaga eksogen adalah

tenaga yang dihasilkan dari

luar permukaan bumi. Tenaga

eksogen merupakan tenaga

geologi yang memotong (to cut)

daerah yang tinggi dan mengisi

(to fill) daerah yang rendah.

Dengan kata lain, permukaan

yang tinggi mengalami degradasi

dan permukaan yang

rendah mengalami agradasi.

Akibat yang ditimbulkan dari

tenaga eksogen, antara lain,

palapukan, erosi, dan pengendapan

(sedimentasi).

3. Terbentuknya gunung api yaitu

sebagai berikut. Ketika pinggiran

dua lempeng antara lempeng benua

dan lempeng samudra saling

bertemu, lempengan samudra tersebut

menunjam (subduksi) ke dalam

bumi. Suhu yang sangat tinggi

telah melelehkan sedimen laut asal

daerah yang menempel di atasnya

sehingga menghasilkan magma.

Kemudian, magma ini muncul melalui

retakan di permukaan bumi

dan membentuk gunung berapi.

4. a. Keuntungan dengan keberadaan

gunung api

Material-material hasil

erupsi gunung api (batu,

pasir, dan belerang) adalah

merupakan bahan galian C

yang sangat potensial.

Keberadaan gunung api

aktif akan terkait dengan

adanya sumber-sumber

panas bumi (geothermal)

yang bila diolah akan dimanfaatkan

akan menjadi

sumber tenaga alternatif

pengganti gas dan minyak

bumi.

Sebagai pusat kajian ilmuilmu

kebumian, terutama

vulkanologi, geologi, dan

seismologi.

Sebagai kawasan pariwisata,

terutama untuk

menyaksikan gejala-gejala

post vulkanik, seperti mata

air panas, telaga-telaga

vulkanik, dan kawah vulkanik.

56 RPP Mengkaji Geografi SMA 1

b. Kerugian dengan keberadaan

gunung api.

Terjadinya gempa-gempa

vulkanik, terutama saat

kegiatan magmatik di

dalam bumi mulai mengalami

peningkatan.

Lava panas, banjir lahar,

dan awan panas yang

dimuntahkan saat terjadinya

erupsi (terutama yang

bersifat eksplosif) akan

menyebabkan kerusakan

dan korban jiwa.

Adanya retakan-retakan

baru pada saat terjadinya

gempa vulkanik (bisa terjadi

ataupun tidak) dan

kemungkinan merupakan

”jalan lewat” gas-gas vulkanik

(yang bisa mengandung

gas-gas beracun).

5. Gambar macam-macam bentuk

lipatan dan patahan dapat dilihat

pada buku materi halaman 80 dan

81.

10. Secara garis besar gempa tektonik

dan gempa vulkanik sama berbahayanya,

akan tetapi efek yang timbulkan

dari gempa tektonik lebih

besar dari pada gempa vulkanik.

efek yang ditimbulkan dari gempa

tektonik misalnya tsunami, ini dapat

terjadi apabila pusat gempanya

berada di tengah lautan.

Bab 4

Pedosfer

A. Pilihan ganda

1. a 11. c 21. b

2. a 12. e 22. e

3. e 13. b 23. c

4. d 14. e 24. b

5. b 15. e 25. b

6. b 16. c

7. d 17. d

8. a 18. a

9. b 19. b

10. d 20. b

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

2. Upaya melestarikan tanah

Penanaman tanah gundul.

Penanaman tanah terbuka

dengan rumput.

Pembuatan saluran air.

Perbaikan cara pengolahan tanah.

Pemberian pupuk yang berguna

meningkatkan kesuburan tanah.

3. Bentuk pemeliharaan hutan dapat

dilakukan dengan menghindari

pembakaran hutan, penebangan

kayu secara liar, dan perladangan

liar.

5. Para petani harus menggunakan pupuk

sesuai dengan dosis karena jika

pemupukan dengan bahan kimia

melebihi dosis akan menyebabkan

kerusakan struktur tanah dengan hilangnya

unsur-unsur hara yang terkandung

di dalamnya. Akibatnya,

tanah menjadi tidak subur.

6. Lahan tanah di permukaan bumi

mempunyai kemampuan yang berbeda-

beda, karena tanah yang terRPP

Mengkaji Geografi SMA 1 57

Bab 5

Atmosfer

A. Pilihan ganda

1. c 11. a 21. c

2. b 12. c 22. a

3. a 13. b 23. c

4. a 14. b 24. e

5. a 15. d 25. d

6. d 16. b 26. c

7. a 17. c 27. c

8. d 18. b 28. c

9. c 19. a 29. e

10. a 20. b 30. b

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

3. Indonesia terletak antara 60o LU –

110o LS dan diapit oleh benua Asia

serta benua Australia dengan arah

relatif Utara – Selatan. Kondisi

semacam ini akan mengakibatkan

tekanan udara antara benua Asia

dan benua Australia akan selalu

berubah dan menimbulkan angin

muson. Jadi angin muson ialah

angin yang setiap _1_ 2

tahun berganti

arah berlawanan. Angin muson

ini selalu melalui kawasan Indonesia.

Angin muson yang berasal

dari benua Asia merupakan angin

muson barat, dan angin muson

yang berasal dari benua Australia

merupakan angin muson timur.

8. Hujan orografis disebut juga hujan

pegunungan. Terjadinya hujan

ini disebabkan karena adanya angin

yang lembab terdesak naik ke

arah lereng pegunungan. Apabila

mencapai ketinggian tertentu uap

air akan berkondensasi maka akan

bentuk adalah hasil dari pelapukan

batu-batuan di permukaan bumi.

Proses pelapukan yang terjadi

antara tempat satu dengan yang

lain juga berbeda-beda ada yang

cepat ada juga yang lambat, hal ini

akan memengaruhi tingkat kesuburan

dari tanah tersebut. Tanah juga

tidak hanya dari hasil pelapukan

dan pengendapan saja, tetapi juga

telah tercampur dengan bermacammacam

bahan organik yang lain

yang mengakibatkan tingkat kesuburanya

berbeda-beda.

7. Tekstur tanah adalah perbandingan

relatif berbagai golongan ukuran

partikel tanah dalam suatu massa

tanah. Sedangkan struktur tanah

adalah kandungan atau bahan-bahan

yang terdapat dalam suatu tanah.

9. Permeabilitas tanah adalah kemam-

puan tanah untuk menyerap

air melalui pori-pori tanah baik ke

arah horizontal maupun ke arah

vertikal. Besar kecilnya permeabilitas

sangat dipengaruhi oleh tekstur

tanah. Makin kasar tekstur tanah,

makin besar permeabilitasnya.

10. Lahan potensial adalah sebidang

lahan yang dapat memberikan

produk secara optimal per satuan

luas setiap tahunnya. Umumnya,

lahan potensial dikaitkan dengan

pertanian sehingga mempunyai kemampuan

untuk lahan produksi.

58 RPP Mengkaji Geografi SMA 1

terjadilah hujan di lereng pegunungan

itu. Hujan pegunungan terjadi

sepanjang tahun di lereng gunung

tempat angin tersebut naik.

10. Awan berasal dari penguapan

air yang terjadi karena radiasi

matahari, kemudian terjadi proses

tumbukan antarmolekul uap air dan

berkembang menjadi bentuk awan

yang paling bawah. Selanjutnya,

karena adanya proses konveksi,

turbulensi, kondensasi, dan gerak

vertikal mengakibatkan timbulnya

awan yang berbeda tinggi dan

karakteristiknya.

Bab 6

Hidrosfer

A. Pilihan ganda

1. a 11. a

2. a 12. b

3. e 13. a

4. d 14. c

5. c 15. a

6. e 16. b

7. a 17. d

8. e 18. c

9. d 19. c

10. e 20. a

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

4. Menurut letaknya laut dapat dibedakan

menjadi 3 yaitu sebagai

berikut.

a. Laut tepi adalah laut yang terletak

di sepanjang pantai benua

atau berada di tepi benua yang

terpisahkan oleh samudra dan

pulau-pulau (Laut Jepang, Laut

Arab, dan Laut Cina Selatan)

b. Laut tengah adalah laut yang

terletak di antara benua-benua

yang biasanya terdiri dari

lubuk-lubuk laut (Laut Tengah,

Laut Jawa, Laut Sulawesi, dan

Laut Maluku)

c. Laut pedalaman adalah laut

yang terletak di tengah-tengah

benua yang hampir seluruhnya

dikelilingi daratan (Laut Hitam,

Laut Baltik, dan Laut Kaspia)

Sedangkan menurut kedalamannya,

laut dapat dibedakan menjadi beberapa

zona yaitu sebagai berikut.

a. Zona litoral (garis pasang naik

– pasang surut).

b. Zona neritis (garis pasang surut

– kedalaman 200 m).

c. Zona batial (kedalaman 200 m

– 1000 m).

d. Zona abisal (kedalaman > 1000

m).

7. Manfaat air tanah adalah sebagai

berikut.

a. Penyedia kebutuhan air bersih

bagi manusia.

b. Penyedia keperluan pertanian.

c. Penyedia keperluan industri.

d. Pengikat butir-butir tanah.

e. Penyedia kebutuhan air bagi

hewan dan tumbuhan.

8. Sungai antersedent adalah sungai

yang kekuatan erosi kedalamannya

mampu mengimbangi pengangkatan

daerah di sekitarnya. Artinya

bahwa walaupun daerah-daerah di

sekitar kanan kiri sungai tersebut

terangkat naik, sungai antersedent

mengimbanginya dengan cara te-rusmenerus

melakukan erosi vertikal,

RPP Mengkaji Geografi SMA 1 59

jadi syaratnya bahwa sungai

tersebut mampu mempertahankan

pola alirannya (tidak berubah).

Mi-salnya, awalnya mengalir ke

selatan, walau terjadi pengangkatan

di selatan, setelah pengangkatan dia

tetap mengalir ke selatan. Misanya

Sungai Cemara, di kawasan Sangiran,

Sragen, Jawa Tengah.

Latihan Ulangan Semester 2

A. Pilihan ganda

1. e 26. e 51. c

2. a 27. b 52. c

3. a 28. c 53. e

4. e 29. a 54. b

5. d 30. e 55. c

6. c 31. b 56. c

7. c 32. c 57. b

8. a 33. d 58. –

9. c 34. e 59. e

10. e 35. a 60. b

11. c 36. c 61. a

12. b 37. c 62. e

13. c 38. b 63. d

14. b 39. d 64. c

15. d 40. b 65. a

16. c 41. b 66. a

17. d 42. b 67. a

18. c 43. d 68. d

19. d 44. b 69. d

20. e 45. a 70. b

21. b 46. c

22. a 47. a

23. c 48. b

24. b 49. e

25. e 50. a

B. Essay (hanya untuk soal terpilih)

1. Angin turun adalah angin yang bertiup

dari puncak pegunungan menuju

ke arah lembah. Angin seperti

itu akan mempunyai sifat kering

serta panas. Secara prinsip bahwa

”udara yang naik akan mengalami

penurunan suhu sebelum terjadinya

pengembunan. Setiap udara naik

100 m, pada umumnya suhu akan

turun 10 C dan akan berlaku pula

sebaliknya”.

Prinsip inilah yang akan menegaskan

prinsip angin turun yang

kering. Secara umum angin turun

ini akan bersifat panas dan kering.

Hal ini akan berakibat merusak

terutama terhadap tanaman-tanaman

pertanian dan perkebunan. Contoh

angin bahorok (Deli Serdang), angin

kumbang (Cirebon), angin gending

(Probolinggo, Jawa Timur), angin

wambrau (Biak, Papua).

9. Perbedaan antara angin siklon utara

dan angin siklon selatan adalah

terletak pada arah putarannya.

Arah putaran siklon di belahan

bumi utara berlawanan dengan arah

jarum jam, sedangkan arah putaran

angin siklon di belahan bumi selatan

searah dengan putaran jarum jam.

13. Hal-hal yang dapat merusak danau,

antara lain sebagai berikut.

a. Perubahan iklim ke arah panas

sehingga penguapan sangat

kuat, ini akan menyebabkan

danau cepat kering.

b. Terjadinya gempa-gempa yang

menyebabkan retaknya dasar

danau.

60 RPP Mengkaji Geografi SMA 1

c. Pengendapan yang cukup tinggi

sehingga danau cepat dangkal

dan akhirnya mati.

d. Terjadinya delta-delta dan pelumpuran

di danau.

Upaya-upaya pelestarian danau

a. Penghijauan daerah sekitar

danau dan sekitar sungai yang

menuju ke danau.

b. Tidak mengotori danau baik

yang polutan-polutan ataupun

sampah.

c. pengerukan danau secara

berkala.

20. Keterkaitan antara erosi dengan

banjir adalah sebagai berikut.

Erosi

Hilangnya lapisan tanah

bagian atas sebagai media

pertumbuhan hilang

rusaknya

kesuburan

Pengendapan

tinggi, sungai

cepat dangkal

Produktivitas

pertanian

turun

Resapan air ke dalam tanah

berkurang

Run off (aliran permukaan)

menjadi tinggi

Cepat mengisi drainase

(sungai, parit, dan sebagainya)

Tidak bisa menampung

semua run off

Banjir

RPP Mengkaji Geografi SMA 1 61

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:

BSNP.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk

Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

––––. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi

Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

––––. 2006. Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas

Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan

Dasar dan Menengah dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar

Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:

Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sugiyanto dan Danang Endarto. 2008. Mengkaji Ilmu Geografi 1. Solo: Tiga Serangkai

Pustaka Mandiri.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar