Kunci Soal Evaluasi Buku Mengkaji Ilmu Geografi 1
Bab 1
Pengantar Ilmu Geografi
A. Pilihan ganda
1. d 11. b
2. c 12. a
3. b 13. d
4. b 14. e
5. e 15. e
6. d 16. c
7. c 17. b
8. e 18. c
9. d 19. c
10. b 20. d
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
1. Berikut hanya beberapa contoh ilmu pengetahuan yang mendukung ilmu geografi, ilmu-ilmu yang lain bisa Anda cari sendiri.
a. Geologi: Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan: kejadian, struktur, komposisi,sejarah, dan proses perkembangannya.
b. Geofisika: Ilmu yang mengkajisifat-sifat bumi bagian dalamdengan metode teknik fisika,seperti mengukur gempa bumi,gravitasi, medan megnet, dansebagainya
c. Meteorologi: ilmu yang mempelajariatmosfer, misalnyaudara, cuaca, suhu, angin, dansebagainya.
d. Astronomi: ilmu yang mempelajaribenda-benda langitdi luar atmosfer bumi, sepertimatahari, bulan, bintang, danruang angkasa.
e. Biogeografi: studi tentangpenyebaran makhluk hidup secara geografis di muka bumi.
3. Gejala alam adalah suatu keadaanalami yang terjadi akibat dinamisegerak-gerak yang ada di alam iniditambah dengan tenaga-tenaga(endogen dan eksogen) yang ada.
Gejala alam ini akan memengaruhikehidupan manusia baik secaralangsung ataupun tidak langsung,baik disenangi manusia maupuntidak. Manusialah yang harusmenyesuaikan diri terhadap gejalaalam ini.
4. a. Kerugian gunung api, meletusnyagunung api akan berdampakpada rusaknya habitatalam yang ada di sekitar puncakmaupun lereng gunung,seperti matinya binatang dantumbuh-tumbuhan, terjadinyabanjir lahar dingin, dan lainlain.
b. Keuntungan gunung berapi:seteleh gunung api meletus danmengeluarkan material-materialyang ada seperti abu danbatu-batuan, material-materialtersebut akanmenjadikan tanahmenjadi sangat subur. Dan daritingkat kesuburan lahan, sangat
menentukan kesanggupanmasyarakat untuk bertahan disuatu wilayah.
5. Prinsip pokok dalam geografiadalah suatu prinsip atau metodeRPP Mengkaji Geografi SMA 1 49yang digunakan dalam uraian,pengkajian, pengungkapan gejala,
variabel, faktor, dan masalah geografidan dilakukan pada waktumelakukan pendekatan terhadapobjek yang dipelajari.
6. Prinsip dalam geografi
- prinsip interelasi;
- prinsip deskripsi;
- prinsip persebaran;
- prinsip korologi.
7. Beberapa contoh bahwa manusiasudah sejak dahulu menerapkankonsep geografi, jauh sebelummereka menganal ilmu geografi itusendiri, yaitu sebagai berikut.
a. Penerapan konsep morfologiManusia sejak dahuluselalu lebih memilih kawasan
yang mempunyai relief datarataupun sedikit bergelombangguna untuk bertempat tinggaldan berniaga. Sebab di sampingmudah dijangkau dan lebihmudah untuk dikembangkansarana-sarana penunjang kehidupan(jalan raya, rel keretaapi, kawasan perdagangan, danlain-lain).
b. Penerapan konsep aglomerasiSejak dahulu tempat tinggalpedagang biasanya berusahauntuk tidak terlalu jauhdari pusat-pusat pemerintahandan pusat-pusat perdagangan.Sebagai contoh di kota Solo,kawasan perkampungan etnisCina (Pecinan) yang berada didaerah pasar Gede juga dekatdengan kraton sebagai pusatpemerintahan masa lalu.
8. a. Objek material ilmu geografadalah bahan kajian atau masalahyang dibahas di dalam ilmugeografi yang mungkin sajabisa sama dengan bahan kajiandari ilmu-ilmu kebumian yanglain.
b. Objek formal ilmu geografiadalah suatu metode pendekatanyang terapkan oleh ilmugeografi terhadap bahan-bahankajian sehingga menyebabkankajian ilmu geografi tersebutberbeda dengan ilmu-ilmuyang lainnya.
9. Sebab di dalam ilmu geografi tidaksaja mempelajari tentang fenomenafenomena
alam (atmosfer, litosfer,biosfer) namun juga mempelajarimanusia dan perilakunya terhadapkehidupan serta alam (bumi) secarakeruangan dan waktu.
Bab 2
Pembentukan Jagat Raya, Tata
Surya, dan Bumi
A. Pilihan ganda
1. a 11. b 21. c 31. e
2. d 12. d 22. c 32. e
3. b 13. a 23. b 33. d
4. d 14. c 24. a 34. c
5. e 15. b 25. d 35. d
6. b 16. c 26. a
7. e 17. a 27. a
8. a 18. c 28. c
9. a 19. a 29. c
10. c 20. c 30. b
50 RPP Mengkaji Geografi SMA 1
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
1. Gerak litosfer menurut teori lempeng
tektonik
a. Dua lempeng saling menjauh(Divergent-Plate Boundaries)Peristiwa ini dapat terjadipada suatu lempeng yang sedangpecah. Contoh perbatasandivergent pada lempeng samudraadalah punggungansamudra dan perbatasan divergentdi lempeng benua adalahLembah Retak Besar Afrika.
b. Dua lempeng saling menumbuk
(Subduction)Kerak samudra yang lebihtipis didesak ke bawah olehkerak benua yang lebih tebaldan kaku. Di tempat ini terbentukpalung-palung laut, yaitudasar laut yang dalam danmemanjang. Contoh palung,antara lain Palung Laut Aleut,Palung Jepang, Palung Guam,dan Palung Mindanau. PalungJawa di sebelah selatan Pulau
Jawa merupakan tempat pertemuanantara lempeng dasarSamudra Hindia dengan lempengBenua Asia.
c. Dua lempeng saling berpapasanatau pergeseran mendatar(Transform fault)Di daerah seperti itu terdapataktivitas vulkanismeyang lemah disertai gempayang tidak kuat. Gejala pergeseranitu tampak pada tangguldasar samudra yang tidak berhubungan,tetapi terputus-putus.Tanggul dasar samudra dibagian tengah Samudra Atlantikternyata terputus-putus akibatdari pergeseran mendatartersebut.
2. Jika dua lempeng saling bertemu(bertumbukan), maka harus kitalihat dahulu apa jenis lempengnya
a. Jika lempeng samudra danlempeng benua, maka terjadi
• terbentuknya palung laut;
• terbentuknya daerah-daerahpusat gempa;
• terbentuknya rangkaiankepundan vulkanis;
• terbentuknya rangkaianpegunungan nonvulkanis.
b. Jika lempeng samudra denganlempeng samudra ataupun lempengbenua dengan lempengbenua
• suatu pusat daearah gempadi daratan;
• terbentuknya suatu pegunungannonvulkanis.
3. Perbedaan patahan dan lipatan
Faktor
Beda
Patahan Lipatan
1. Sifatbatuan
2. Kaitandenganprosesvulkanisme
3. PotensiSDA
• Mudah patah/pecah.
• Biasanya prosesvulkanismemengikuti magmakeluar lewat bidangpatahan.
• Berpeluangterjadinya jebakanmineral-minerallogam.
• Bersifat lentur.
• Tidak terkaitdengan vulkanisme.
• Berpeluangmenjadi tempatpenimpananminyak dan gasbumi.
4. Lihat gambar 2.39 (halaman 56)Akibat pertemuan antara dua lempeng(samudra dan benua) akan
RPP Mengkaji Geografi SMA 1 51
terjadi ”penyusupan” lempengsamudra dengan lempeng benua.
Hal ini akan menimbulkan ketidakstabilanpada litosfer keduanya.Ketidakstabilan yang terjadi adalahterjadinya kontraksi (gempa) padapermukaan litosfer dan menimbulkanadanya retakan-retakan padalitosfer. Lewat retakan-retakan inilahmenjadikan ”pintu keluar” bagimagma yang ada di dalam bumi untukkeluar. Jadi terjadinya korelasikuat (meskipun tidak selalu) antaraperistwa gempa ataupun pusat-pusatgempa dengan gejala vulkanismeyang ada.
5. Proses pembentukan bumi menurutRittman.
• Butir-butir debu angkasa menggumpalmembentuk bendabendaseukuran planet.
• Terjadinya pelapukan radioaktifdan jatuhnya sisa-sisagumpalan awan.
• Pembentukan atmosfer purba.
• Bumi mulai mendingin, terbentukawan tebal di atmosfer.
• Hujan deras di seluruh bumi.
• CO2 di udara mulai larut dalamgenangan air, planet menjaditidak lagi panas.
• 2 1
_ 2 milyar tahun yang lalu, terbentuklahbumi yang biru sepertisekarang.
6. Komet tidak dapat disebut sebagaibintang karena
• cahaya komet tidak tetap,kadang menyala dengan tenang,meredup, bahkan hilang(tidak bercahaya) sama sekali;
• komet mengitari suatu bintang(matahari) dan lintasan kometbisa berubah;
• cahaya komet terjadi karenaterpengaruh adanya radiasi danterpaan solar wind dari matahari(tergantung dari matahari).
7. Beberapa klasifikasi tentang planet
a. Berdasarkan pembatasan lintasanorbit bumi, dibedakanmenjadi
• Planet dalam (inner planet)yaitu planet-planet disebelah dalam lintasanBumi,meliputi Merkuriusdan Venus.
• Planet luar (outer planet)yaitu planet-planet di sebelahluar dari lintasanBumi, meliputi Mars,Yupiter, Saturnus, Uranus,dan Neptunus.
b. Berdasarkan pembatasan olehkeberadaan asteroid
• Planet kebumian (terestrialplanet), meliputi Merkurius,Venus, Bumi, dan Mars.
• Planet-planet besar (mayorplanet), meliputi Yupiter,Saturnus, Uranus, danNeptunus.
8. Lapisan kulit matahari adalah
a. Inti matahariPanas yang dihasilkan dipindahkanke permukaan mataharimelalui proses radiasi melaluigas yang sangat rapat yang adadi dalam bagian matahari (suhu
1,5 × 107 K).52 RPP Mengkaji Geografi SMA 1
b. Fotosfer adalah permukaanatau kulit matahari yang terdiriatas gas-gas (suhu 6000 K), dimanaterdapat bentuk-bentukyang terdiri atas materi besarkecil (granulasi matahari).
c. Kromosfer adalah lapisangas yang sangat panas yangmenyelubungi matahari. Dalamlapisan ini terkadang terlihatlidah api yang memancar sampaimemenuhi lapisan gas yangterletak di atasnya.
d. Korona adalah merupakan lapisangas yang renggang disekeliling matahari di luar
kromosfer dan berwarna putihkekilau-kilauan (suhu1.000.000 K).
9. Galaksi mempunyai ciri-ciri sebagaiberikut.
a. Galaksi harus mempunyaicahaya sendiri, dan bukancahaya pantulan.
b. Galaksi harus mempunyai bentuktertentu.
10. Artinya bahwa bintang X mempunyaiperbedaan (2,51)5 = 99.625kali lebih terang dari bintang Y.
11. Planet dinamakan sebagai ”bintangpengembara” karena planet mendapatcahaya pantulan dari matahari,jadi seakan-akan bersinar sepertibintang. Namun di samping ituplanet juga beredar (berevolusi)mengelilingi matahari, kemudiansampai kembali ke daerah (posisi)awalnya.
12. Penyebab komet datang secaraberkala adalah
a. komet mempunyai lintasan tertentu,dan akan kembali padaposisi awalnya pada periodetertentunya (lintasan kometberbentuk elips dan parabola)
b. komet juga merupakan anggotatata surya, jadi dia masih tertarik/terikat oleh gaya gravitasidari bintang induknya (padatata surya kita adalah matahari),jadi dia akan selalu berputardan kembali secara berkala.
13. Bentuk bulan yang berubah-ubahditentukan oleh kedudukan bulanterhadapmatahari terlihat daribumi.
14. Bukti-bukti bahwa bumi berevolusiyaitu
• adanya aberasi (sesatan cahaya);
• adanya perallaxis (beda lihat);
• adanya pergeseran matahariantara garis balik utara dan garisbalik selatan;
• pergantian musim di daerahiklim sedang;
• terjadinya peredaran semu tahunanmatahari.
15. Indonesia terbagi menjadi tiga daerahwaktu (WIB, WITA, dan WIT),masingmasing daerah waktu dibatasigaris bujur yang merupakanselisih waktu. Masing-masingdaerah waktu mempunyai selisih1 jam. Maka selisih WIB denganWIT adalah 2 jam.
RPP Mengkaji Geografi SMA 1 53
Latihan Ulangan Semeter 1
A. Pilihan ganda
1. c 21. d 41. d
2. c 22. e 42. e
3. c 23. c/e 43. b
4. d 24. c 44. b
5. a 25. b 45. d
6. c 26. e 46. b
7. b 27. a 47. b
8. d 28. b 48. c
9. d 29. b 49. e
10. c 30. a 50. c
11. c 31. a 51. a/e
12. b 32. d 52. c
13. d 33. e 53. a
14. c 34. e 54. d
15. b 35. a 55. a
16. b 36. c 56. a
17. c 37. a 57. d
18. c 38. d 58. b
19. c 39. d 59. c
20. b 40. e 60. d
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
1. a. Pada kawasan karst, persebaran
dan pola pemukiman penduduk
akan bergerombol, tidak jauh
dari sumber-sumber air.
b. Pola pemukiman penduduk di
sekitar sungai besar adalah memanjang
sejajar dengan pola
sungai yang ada.
c. Permasalahan sosial akan sering
terjadi pada kawasan padat
dan kumuh di daerah pinggiran
perkotaan.
2. Geografi merupakan pengetahuan
yang diperoleh dan digali dari lapangan
melalui berbagai cara dan
kesempatan. Jadi geografi merupakan
ilmu pengetahuan yang terus
berkembang yang merupakan hasil
observasi. Oleh sebab itulah, ilmu
geografi sangat membutuhkan dukungan
dari ilmu-ilmu pendukung
lainnya.
3. Lokasi absolut menunjukkan letak
yang tetap terhadap sistem grid atau
koordinat. Dalam penentuan lokasi
absolut digunakan sistem koordinat
garis lintang dan garis bujur. Contoh
kota “X” terletak pada 70 23’
18” LS – 70 30’ 16” LS, 8 01’ 04”
BT – 8 03’ 02” BT.
Lokasi relatif lebih penting dan lebih
banyak dikaji dalam geografi,
Lokasi relatif tersebut sebagai letak
geografis. Arti lokasi ini berubahubah
sesuai dengan keadaan daerah
sekitarnya. Lokasi ini dekat atau di
tepi jalan raya dapat menjadikan
harga tanah menjadi sangat mahal
karena disukai sebagai tempat usaha.
4. Bulan beredar mengelilingi bumi,
lama peredaran ini sama dengan
lamanya waktu berputar pada sumbunya
(rotasi). Akibatnya, bagian
bulan yang tampak dari bumi hanyalah
sebelah saja, sedangkan
bagian yang lain tidak tampak. Hal
ini dikarenakan arah peredarannya
sama dengan arah putaran bumi
pada sumbunya dan mengelilingi
bumi. Sumbu bulan membentuk
sudut sebesar 880 dengan bidang
lintasannya. Selama peredarannya
mengelilingi bumi, kedudukan
sumbu sejajar dengan dirinya sendiri.
54 RPP Mengkaji Geografi SMA 1
5. Galaksi mempunyai ciri-ciri sebagai
berikut.
• Galaksi mempunyai cahaya
sendiri dan bukan cahaya pantulan.
• Galaksi mempunyai bentukbentuk
tertentu misalnya bentuk
spiral atau pilin, elips, dan
bentuk tidak beraturan (irregular
galaksi).
7. Arah ekor komet selalu menjauh
dari arah sinar matahari, karena
matahari selain memancarkan sinar,
panas, dan radiasi, juga memancarkan
hembusan angin yang
disebut sebagai solar wind (angin
matahari).
Tidaklah tepat jika komet disebut
sebagai bintang karena
• cahayanya tidaklah tetap, kadang
terang, kadang redup,
bahkan tidak bercahaya sama
sekali;
• cahayanya bukan cahaya sejati,
masih menggantungkan pada
cahaya matahari.
10. Karena keberadaan sunspot ini akan
mengotori lapisan ionosfer pada
bumi (atmosfer bumi) sehingga
akan menimbulkan dampak gangguan
dalam pancaran dan penerimaan
gelombang elektromagnetik
sehingga mengganggu kinerja peralatan
elektronik seperti radio, tv,
jarum magnet, dan sebagainya.
Bab 3
Litosfer
A. Pilihan ganda
1. c 11. a 21. c
2. d 12. b 22. c
3. a 13. a 23. a
4. a 14. e 24. c
5. d 15. a 25. c
6. b 16. c 26. b
7. b 17. d 27. d
8. b 18. c 28. e
9. c 19. e 29. a
10. e 20. a 30. b
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
2. Tenaga pembentuk muka bumi
a. Tenaga endogen adalah tenaga
yang berasal dari dalam bumi.
Tenaga endogen terbagi atas
tiga bagian, yaitu tektonisme,
vulkanisme, dan gempa.
• Tektonisme
Tektonisme atau tenaga
tektonik adalah tenaga
geologi yang berasal dari
dalam bumi dengan arah
vertikal atau horizontal
yang mengakibatkan perubahan
letak lapisan batuan
yang membentuk permukaan
bumi. Proses ini
menghasilkan lipatan dan
patahan, baik dalam ukuran
besar maupun ukuran
kecil.
• Vulkanisme
Vulkanisme adalah peristiwa
yang berhubungan dengan
magma yang keluar
mencapai permukaan bumi
RPP Mengkaji Geografi SMA 1 55
melalui retakan dalam kerak
bumi. Peristiwa ini disebut
terusan kepundan
atau diatrema. Magma
yang keluar sampai ke permukaan
bumi disebut lava.
Biasanya keluarnya lava
ditandai dengan ledakanledakan.
• Gempa
Gempa adalah suatu getaran
asli yang bersumber
dari dalam bumi dan
merambat ke permukaan.
Pada saat gempa bumi terjadi,
kita dapat merasakan
adanya getaran bumi di
tempat kita berpijak. Kerusakan
akibat gempa bumi
biasanya diikuti bencana
sekunder, seperti kebakaran,
terputusnya aliran listrik,
dan gelombang laut
yang sangat dahsyat (tsunami).
b. Tenaga eksogen adalah
tenaga yang dihasilkan dari
luar permukaan bumi. Tenaga
eksogen merupakan tenaga
geologi yang memotong (to cut)
daerah yang tinggi dan mengisi
(to fill) daerah yang rendah.
Dengan kata lain, permukaan
yang tinggi mengalami degradasi
dan permukaan yang
rendah mengalami agradasi.
Akibat yang ditimbulkan dari
tenaga eksogen, antara lain,
palapukan, erosi, dan pengendapan
(sedimentasi).
3. Terbentuknya gunung api yaitu
sebagai berikut. Ketika pinggiran
dua lempeng antara lempeng benua
dan lempeng samudra saling
bertemu, lempengan samudra tersebut
menunjam (subduksi) ke dalam
bumi. Suhu yang sangat tinggi
telah melelehkan sedimen laut asal
daerah yang menempel di atasnya
sehingga menghasilkan magma.
Kemudian, magma ini muncul melalui
retakan di permukaan bumi
dan membentuk gunung berapi.
4. a. Keuntungan dengan keberadaan
gunung api
• Material-material hasil
erupsi gunung api (batu,
pasir, dan belerang) adalah
merupakan bahan galian C
yang sangat potensial.
• Keberadaan gunung api
aktif akan terkait dengan
adanya sumber-sumber
panas bumi (geothermal)
yang bila diolah akan dimanfaatkan
akan menjadi
sumber tenaga alternatif
pengganti gas dan minyak
bumi.
• Sebagai pusat kajian ilmuilmu
kebumian, terutama
vulkanologi, geologi, dan
seismologi.
• Sebagai kawasan pariwisata,
terutama untuk
menyaksikan gejala-gejala
post vulkanik, seperti mata
air panas, telaga-telaga
vulkanik, dan kawah vulkanik.
56 RPP Mengkaji Geografi SMA 1
b. Kerugian dengan keberadaan
gunung api.
• Terjadinya gempa-gempa
vulkanik, terutama saat
kegiatan magmatik di
dalam bumi mulai mengalami
peningkatan.
• Lava panas, banjir lahar,
dan awan panas yang
dimuntahkan saat terjadinya
erupsi (terutama yang
bersifat eksplosif) akan
menyebabkan kerusakan
dan korban jiwa.
• Adanya retakan-retakan
baru pada saat terjadinya
gempa vulkanik (bisa terjadi
ataupun tidak) dan
kemungkinan merupakan
”jalan lewat” gas-gas vulkanik
(yang bisa mengandung
gas-gas beracun).
5. Gambar macam-macam bentuk
lipatan dan patahan dapat dilihat
pada buku materi halaman 80 dan
81.
10. Secara garis besar gempa tektonik
dan gempa vulkanik sama berbahayanya,
akan tetapi efek yang timbulkan
dari gempa tektonik lebih
besar dari pada gempa vulkanik.
efek yang ditimbulkan dari gempa
tektonik misalnya tsunami, ini dapat
terjadi apabila pusat gempanya
berada di tengah lautan.
Bab 4
Pedosfer
A. Pilihan ganda
1. a 11. c 21. b
2. a 12. e 22. e
3. e 13. b 23. c
4. d 14. e 24. b
5. b 15. e 25. b
6. b 16. c
7. d 17. d
8. a 18. a
9. b 19. b
10. d 20. b
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
2. Upaya melestarikan tanah
• Penanaman tanah gundul.
• Penanaman tanah terbuka
dengan rumput.
• Pembuatan saluran air.
• Perbaikan cara pengolahan tanah.
• Pemberian pupuk yang berguna
meningkatkan kesuburan tanah.
3. Bentuk pemeliharaan hutan dapat
dilakukan dengan menghindari
pembakaran hutan, penebangan
kayu secara liar, dan perladangan
liar.
5. Para petani harus menggunakan pupuk
sesuai dengan dosis karena jika
pemupukan dengan bahan kimia
melebihi dosis akan menyebabkan
kerusakan struktur tanah dengan hilangnya
unsur-unsur hara yang terkandung
di dalamnya. Akibatnya,
tanah menjadi tidak subur.
6. Lahan tanah di permukaan bumi
mempunyai kemampuan yang berbeda-
beda, karena tanah yang terRPP
Mengkaji Geografi SMA 1 57
Bab 5
Atmosfer
A. Pilihan ganda
1. c 11. a 21. c
2. b 12. c 22. a
3. a 13. b 23. c
4. a 14. b 24. e
5. a 15. d 25. d
6. d 16. b 26. c
7. a 17. c 27. c
8. d 18. b 28. c
9. c 19. a 29. e
10. a 20. b 30. b
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
3. Indonesia terletak antara 60o LU –
110o LS dan diapit oleh benua Asia
serta benua Australia dengan arah
relatif Utara – Selatan. Kondisi
semacam ini akan mengakibatkan
tekanan udara antara benua Asia
dan benua Australia akan selalu
berubah dan menimbulkan angin
muson. Jadi angin muson ialah
angin yang setiap _1_ 2
tahun berganti
arah berlawanan. Angin muson
ini selalu melalui kawasan Indonesia.
Angin muson yang berasal
dari benua Asia merupakan angin
muson barat, dan angin muson
yang berasal dari benua Australia
merupakan angin muson timur.
8. Hujan orografis disebut juga hujan
pegunungan. Terjadinya hujan
ini disebabkan karena adanya angin
yang lembab terdesak naik ke
arah lereng pegunungan. Apabila
mencapai ketinggian tertentu uap
air akan berkondensasi maka akan
bentuk adalah hasil dari pelapukan
batu-batuan di permukaan bumi.
Proses pelapukan yang terjadi
antara tempat satu dengan yang
lain juga berbeda-beda ada yang
cepat ada juga yang lambat, hal ini
akan memengaruhi tingkat kesuburan
dari tanah tersebut. Tanah juga
tidak hanya dari hasil pelapukan
dan pengendapan saja, tetapi juga
telah tercampur dengan bermacammacam
bahan organik yang lain
yang mengakibatkan tingkat kesuburanya
berbeda-beda.
7. Tekstur tanah adalah perbandingan
relatif berbagai golongan ukuran
partikel tanah dalam suatu massa
tanah. Sedangkan struktur tanah
adalah kandungan atau bahan-bahan
yang terdapat dalam suatu tanah.
9. Permeabilitas tanah adalah kemam-
puan tanah untuk menyerap
air melalui pori-pori tanah baik ke
arah horizontal maupun ke arah
vertikal. Besar kecilnya permeabilitas
sangat dipengaruhi oleh tekstur
tanah. Makin kasar tekstur tanah,
makin besar permeabilitasnya.
10. Lahan potensial adalah sebidang
lahan yang dapat memberikan
produk secara optimal per satuan
luas setiap tahunnya. Umumnya,
lahan potensial dikaitkan dengan
pertanian sehingga mempunyai kemampuan
untuk lahan produksi.
58 RPP Mengkaji Geografi SMA 1
terjadilah hujan di lereng pegunungan
itu. Hujan pegunungan terjadi
sepanjang tahun di lereng gunung
tempat angin tersebut naik.
10. Awan berasal dari penguapan
air yang terjadi karena radiasi
matahari, kemudian terjadi proses
tumbukan antarmolekul uap air dan
berkembang menjadi bentuk awan
yang paling bawah. Selanjutnya,
karena adanya proses konveksi,
turbulensi, kondensasi, dan gerak
vertikal mengakibatkan timbulnya
awan yang berbeda tinggi dan
karakteristiknya.
Bab 6
Hidrosfer
A. Pilihan ganda
1. a 11. a
2. a 12. b
3. e 13. a
4. d 14. c
5. c 15. a
6. e 16. b
7. a 17. d
8. e 18. c
9. d 19. c
10. e 20. a
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
4. Menurut letaknya laut dapat dibedakan
menjadi 3 yaitu sebagai
berikut.
a. Laut tepi adalah laut yang terletak
di sepanjang pantai benua
atau berada di tepi benua yang
terpisahkan oleh samudra dan
pulau-pulau (Laut Jepang, Laut
Arab, dan Laut Cina Selatan)
b. Laut tengah adalah laut yang
terletak di antara benua-benua
yang biasanya terdiri dari
lubuk-lubuk laut (Laut Tengah,
Laut Jawa, Laut Sulawesi, dan
Laut Maluku)
c. Laut pedalaman adalah laut
yang terletak di tengah-tengah
benua yang hampir seluruhnya
dikelilingi daratan (Laut Hitam,
Laut Baltik, dan Laut Kaspia)
Sedangkan menurut kedalamannya,
laut dapat dibedakan menjadi beberapa
zona yaitu sebagai berikut.
a. Zona litoral (garis pasang naik
– pasang surut).
b. Zona neritis (garis pasang surut
– kedalaman 200 m).
c. Zona batial (kedalaman 200 m
– 1000 m).
d. Zona abisal (kedalaman > 1000
m).
7. Manfaat air tanah adalah sebagai
berikut.
a. Penyedia kebutuhan air bersih
bagi manusia.
b. Penyedia keperluan pertanian.
c. Penyedia keperluan industri.
d. Pengikat butir-butir tanah.
e. Penyedia kebutuhan air bagi
hewan dan tumbuhan.
8. Sungai antersedent adalah sungai
yang kekuatan erosi kedalamannya
mampu mengimbangi pengangkatan
daerah di sekitarnya. Artinya
bahwa walaupun daerah-daerah di
sekitar kanan kiri sungai tersebut
terangkat naik, sungai antersedent
mengimbanginya dengan cara te-rusmenerus
melakukan erosi vertikal,
RPP Mengkaji Geografi SMA 1 59
jadi syaratnya bahwa sungai
tersebut mampu mempertahankan
pola alirannya (tidak berubah).
Mi-salnya, awalnya mengalir ke
selatan, walau terjadi pengangkatan
di selatan, setelah pengangkatan dia
tetap mengalir ke selatan. Misanya
Sungai Cemara, di kawasan Sangiran,
Sragen, Jawa Tengah.
Latihan Ulangan Semester 2
A. Pilihan ganda
1. e 26. e 51. c
2. a 27. b 52. c
3. a 28. c 53. e
4. e 29. a 54. b
5. d 30. e 55. c
6. c 31. b 56. c
7. c 32. c 57. b
8. a 33. d 58. –
9. c 34. e 59. e
10. e 35. a 60. b
11. c 36. c 61. a
12. b 37. c 62. e
13. c 38. b 63. d
14. b 39. d 64. c
15. d 40. b 65. a
16. c 41. b 66. a
17. d 42. b 67. a
18. c 43. d 68. d
19. d 44. b 69. d
20. e 45. a 70. b
21. b 46. c
22. a 47. a
23. c 48. b
24. b 49. e
25. e 50. a
B. Essay (hanya untuk soal terpilih)
1. Angin turun adalah angin yang bertiup
dari puncak pegunungan menuju
ke arah lembah. Angin seperti
itu akan mempunyai sifat kering
serta panas. Secara prinsip bahwa
”udara yang naik akan mengalami
penurunan suhu sebelum terjadinya
pengembunan. Setiap udara naik
100 m, pada umumnya suhu akan
turun 10 C dan akan berlaku pula
sebaliknya”.
Prinsip inilah yang akan menegaskan
prinsip angin turun yang
kering. Secara umum angin turun
ini akan bersifat panas dan kering.
Hal ini akan berakibat merusak
terutama terhadap tanaman-tanaman
pertanian dan perkebunan. Contoh
angin bahorok (Deli Serdang), angin
kumbang (Cirebon), angin gending
(Probolinggo, Jawa Timur), angin
wambrau (Biak, Papua).
9. Perbedaan antara angin siklon utara
dan angin siklon selatan adalah
terletak pada arah putarannya.
Arah putaran siklon di belahan
bumi utara berlawanan dengan arah
jarum jam, sedangkan arah putaran
angin siklon di belahan bumi selatan
searah dengan putaran jarum jam.
13. Hal-hal yang dapat merusak danau,
antara lain sebagai berikut.
a. Perubahan iklim ke arah panas
sehingga penguapan sangat
kuat, ini akan menyebabkan
danau cepat kering.
b. Terjadinya gempa-gempa yang
menyebabkan retaknya dasar
danau.
60 RPP Mengkaji Geografi SMA 1
c. Pengendapan yang cukup tinggi
sehingga danau cepat dangkal
dan akhirnya mati.
d. Terjadinya delta-delta dan pelumpuran
di danau.
Upaya-upaya pelestarian danau
a. Penghijauan daerah sekitar
danau dan sekitar sungai yang
menuju ke danau.
b. Tidak mengotori danau baik
yang polutan-polutan ataupun
sampah.
c. pengerukan danau secara
berkala.
20. Keterkaitan antara erosi dengan
banjir adalah sebagai berikut.
Erosi
Hilangnya lapisan tanah
bagian atas sebagai media
pertumbuhan hilang
rusaknya
kesuburan
Pengendapan
tinggi, sungai
cepat dangkal
Produktivitas
pertanian
turun
Resapan air ke dalam tanah
berkurang
Run off (aliran permukaan)
menjadi tinggi
Cepat mengisi drainase
(sungai, parit, dan sebagainya)
Tidak bisa menampung
semua run off
Banjir
RPP Mengkaji Geografi SMA 1 61
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:
BSNP.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
––––. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
––––. 2006. Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas
Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:
Depdiknas.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sugiyanto dan Danang Endarto. 2008. Mengkaji Ilmu Geografi 1. Solo: Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar