BAB 1. PETA DAN PEMETAAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Menjelaskan kembali pengertian peta
- Membedakan jenis-jenis peta
- Menunjukkan komponen-komponen peta
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengungkapkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi
- Membandingkan berbagai jenis peta
- Mengidentifikasi komponen dan kelengkapan pada peta
- Menjelaskan pengertian, jenis, dan manfaat proyeksi peta
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Peta
- Jenis-jenis Peta
- Komponen Peta
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, inquiry, unjuk kerja, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit
• Memberi salam dan mengabsen
• Apersepsi materi: guru menyampaikan Silabus Semester 1. Guru menayangkan contoh peta.
2. Kegiatan Inti: 60 menit
• Guru menjelaskan pengertian peta dari berbagai ahli secara garis besar dengan menggunakan peta (hal 2 - 3).
• Secara individu, siswa mencermati pengertian peta dari berbagai ahli dan membandingkan berbagai jenis peta.
• Tanya-jawab tentang jenis-jenis peta.
3. Kegiatan Penutup: 50 menit
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
• Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Guru memberikan soal post test / pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
• Memberi salam dan mengabsen
• Apersepsi materi: guru menayangkan peta dan menanyakan jenis peta yang ditayangkan tersebut.
2. Kegiatan Inti: 70 menit
• Guru ceramah bervariasi mengenai komponen peta.
• Secara individu, siswa mengidentifikasi dan menunjukkan komponen-komponen peta pada peta yang telah disediakan.
• Tanya-jawab tentang proyeksi peta.
• Secara individu, siswa mengerjakan soal uji penguasaan materi hal 13.
3. Kegiatan Penutup: 45 menit
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
• Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Guru memberikan soal post test / pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
- Menganalisis peta dengan baik
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
- Menganalisis peta dengan baik berdasarkan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
B. Materi Pembelajaran
- Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, life skills, inquiry, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
• Memberi salam dan mengabsen
• Apersepsi materi: guru menjelaskan secara garis besar mengenai prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Secara mandiri, siswa mencari prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan dari berbagai referensi di perpustakaan.
• Secara individu, siswa mencermati prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
• Bersama-sama mendiskusikan tentang prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.
3. Kegiatan Penutup: 20 menit
• Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
• Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
• Memberi salam dan mengabsen
• Apersepsi materi: bersama-sama mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan ketiga.
2. Kegiatan Inti: 90 menit
• Guru membagi kelas menjadi lima kelompok.
• Setiap kelompok menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 (Analitika hal 14). Setiap kelompok mendiskusikan peta tersebut dan membuat laporan hasil diskusi.
• Setiap kelompok diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok. Kelompok lain diminta tanggapannya.
• Menarik kesimpulan kelompok.
3. Kegiatan Penutup: 25 menit
• Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
• Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Teknik : Unjuk kerja (diskusi).
- Bentuk tagihan : Laporan hasil diskusi
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.2. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Indikator : - Membuat laporan hasil pengukuran
- Merumuskan data hasil pengukuran di lapangan
- Membuat peta hasil pengukuran di lapangan
Alokasi Waktu : 3 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Melakukan pengukuran di lapangan
- Menggunakan alat-alat bantu pemetaan
- Membuat laporan hasil pengukuran di lapangan
- Membuat peta wilayah hasil pengukuran di lapangan dengan baik
- Menginterpretasi peta hasil pengukuran di lapangan
B. Materi Pembelajaran
- Membuat Peta
- Membaca Peta
C. Metode Pembelajaran
- Pendekatan model ICT dan life skills
- Ceramah bervariasi
- Unjuk kerja dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
• Apersepsi: guru menyampaikan tujuan diadakannya kunjungan ke Bakosurtanal.
2. Kegiatan Inti: 115 menit
• Secara berkelompok, siswa melakukan wawancara kepada pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta.
• Mencermati proses pemetaan yang dilakukan oleh Bakosurtanal.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
• Memberikan kenang-kenangan kepada Bakosurtanal sebagai ucapan terima kasih.
• Penugasan kelompok, membuat laporan hasil kunjungan Bakosurtanal.
Pertemuan Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: tanya jawab mengenai langkah-langkah pembuatan peta.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Siswa mempresentasikan laporan hasil kunjungan Bakosurtanal.
• Kelompok lain diminta menanggapi.
• Setiap kelompok membuat kesimpulan masing-masing.
3. Kegiatan Penutup: 20 menit
• Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi kelompok.
• Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
Pertemuan Ketujuh
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: guru memberikan pengarahan cara menggunakan alat-alat yang dipakai dalam pembuatan peta.
2. Kegiatan Inti: 115 menit
• Guru membagi kelas menjadi empat kelompok.
• Secara berkelompok, siswa mempraktekkan langkah-langkah pembuatan peta wilayah sekolah dengan menggunakan alat bantu pemetaan.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
• Guru memeriksa hasil pengukuran wilayah sekolah yang dilakukan oleh siswa.
• Penugasan kelompok membuat laporan hasil pengukuran di lapangan dan memetakannya pada kertas kalkir. Tugas ini dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Kedelapan
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: guru menanyakan kembali tentang langkah-langkah pembuatan peta.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Setiap kelompok mempresentasikan laporan hasil pengukuran di lapangan dan menayangkan peta hasil pengukuran masing-masing.
• Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk presentasi. Kelompok lain diminta menanggapi.
3. Kegiatan Penutup: 20 menit
• Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi kelompok.
• Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Tape recorder
- Internet
F. Penilaian
Teknik : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Laporan Wawancara
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.3. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan
pemanfaatan peta
Indikator : - Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi
industri dan pertanian
- Membuat laporan hasil diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi manfaat-manfaat peta dan pemetaan
- Menganalisis lokasi industri dan pertanian melalui peta
- Melakukan analisis pemanfaatan peta dalam menentukan lokasi industri dan pertanian
- Memetakan hasil analisis lokasi industri dan pertanian
B. Materi Pembelajaran
- Menentukan Lokasi Industri dan Pertanian
C. Metode Pembelajaran
Inquiry, unjuk kerja, portofolio, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: bersama-sama mengidentifikasi manfaat peta dan pemetaan.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Secara mandiri, siswa menggali informasi tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian.
• Penugasan secara individu, siswa mengerjakan Aktivitas hal. 16 – 17 dalam bentuk karangan.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
• Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi:.
2. Kegiatan Inti: 110 menit
• Secara berkelompok, membuat peta tematik mengenai persebaran penduduk di Kecamatan Makmur, kemudian mendiskusikan pembagian wilayah tersebut (Aktivitas hal 17 – 19).
• Bersama-sama mendiskusikan pembagian wilayah pada peta yang telah tersedia.
• Setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup: 15 menit
• Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
• Menarik kesimpulan bersama.
• Penugasan individu, mengerjakan soal Evaluasi hal 20 – 22. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
- Media cetak
F. Penilaian
Teknik : Portofolio
Tagihan : Karangan Analitis
Tema : Berdasarkan peta tersebut, tentukan kegiatan ekonomi apakah yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut? Apakah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian atau industri? (Analitika hal 16 – 17)
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
BAB 2. PENGINDERAAN JAUH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem
Informasi Geografis (SIG)
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
Indikator : - Menjelaskan pengertian penginderaan jauh
- Membedakan unsur-unsur penginderaan jauh
- Mengidentifikasi pemanfaatan penginderaan jauh
Alokasi Waktu : 3 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan pengertian penginderaan jauh dari berbagai ahli
- Mengidentifikasi unsur-unsur penginderaan jauh
- Membandingkan macam-macam citra penginderaan jauh
- Menyebutkan manfaat penginderaan jauh
- Mengidentifikasi bentang alam dan bentang budaya dalam citra penginderaan juah
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Penginderaan Jauh
- Unsur-unsur Citra Penginderaan Jauh
- Pemanfaatan Penginderaan Jauh
- Identifikasi Bentang Alam dan Bentang Budaya
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, inquiry, diskusi jigsaw, life skills, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
• Apersepsi materi: Guru menjelaskan secara garis besar mengenai penginderaan jauh dengan menggunakan peta konsep.
2. Kegiatan Inti: 90 menit
• Secara individu, siswa menjelaskan pengertian penginderaan jauh dari berbagai ahli (hal 25).
• Guru ceramah bervariasi tentang unsur-unsur penginderaan jauh.
• Tanya jawab tentang penginderaan jauh.
3. Kegiatan Penutup: 25 menit
• Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dipahami.
• Bersama-sama mereview materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
• Penugasan individu, mencari citra penginderaan jauh dari berbagai sumber dengan mencantumkan sumber. Tugas ini diinterpretasi pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Kedua belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: guru menjelaskan secara garis besar mengenai interpretasi citra penginderaan jauh.
2. Kegiatan Inti: 90 menit
• Siswa mengidentifikasi kenampakan yang tergambar pada citra, dilakukan berdasarkan ciri-ciri yang terekam oleh sensor.
• Secara individu, menginterpretasi citra secara manual atas dasar gambar yang ada pada citra.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
• Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
• Penugasan kelompok, membuat makalah mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dalam berbagai bidang di Indonesia. Tugas ini dipresentasikan dan didiskusikan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ketiga belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: tanya jawab tentang macam-macam citra penginderaan jauh.
2. Kegiatan Inti: 105 menit
• Setiap kelompok mempresentasikan makalah mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dalam berbagai bidang di Indonesia.
• Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk presentasi.
• Kelompok lain diminta menanggapi.
3. Kegiatan Penutup: 15 menit
• Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
• Penugasan individu, mengerjakan soal Evaluasi hal 36 - 38. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Peta
- Peta Konsep
- Citra Penginderaan Jauh
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Teknik : Tanya Jawab
Bentuk tagihan : Uraian
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
BAB 3. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem
Informasi Geografis (SIG)
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis
Indikator : - Merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi
- Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG
- Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG
- Melakukan kegiatan meng-overlaykan peta transparansi
- Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi
- Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi
Alokasi Waktu : 5 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)
- Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG
- Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG
- Mengidentifikasikan sumber data SIG
- Melakukan praktek overlay peta transparansi ke kertas kalkir
- Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi
- Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian SIG
- Komponen SIG
- Tahapan Kerja dalam SIG
- Penerapan SIG dalam kajian geografi
- Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, inquiry, life skills, unjuk kerja, portofolio, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, dan menceritakan tentang kebutuhan informasi geografis sekarang ini.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Siswa secara individu, mencermati pengertian SIG dari berbagai referensi.
• Merumuskan pengertian SIG dengan menggunakan bahasa masing-masing berdasarkan berbagai pendapat ahli.
• Secara mandiri, siswa membaca buku dan mencermati komponen-komponen SIG.
• Tanya jawab tentang komponen-komponen SIG.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
• Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
• Penugasan kelompok, melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG, kemudian menyimpulkan hasil overlay tersebut (Aktivitas hal 52). Tugas ini dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Kelima belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: tanya jawab tentang tahapan-tahapan kerja dalam SIG.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Secara berkelompok, mencari informasi dari peta komposit yang telah kelompok buat mengenai karakteristik temperatur, kepadatan penduduk, morfologi, dan curah hujan di daerah pada peta tersebut (Aktivitas hal. 52).
• Mempresentasikan hasil diskusi siswa mengenai identifikasi peta komposit yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok.
• Setiap kelompok menarik kesimpulan masing-masing.
3. Kegiatan Penutup: 15 menit
• Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
• Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
Pertemuan Keenam belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: guru menanyakan tahapan kerja dalam penginderaan SIG secara konvensional.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Secara berkelompok, mendiskusikan tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tekstil dapat menentukan lokasi industri yang tepat (Aktivitas hal. 58).
• Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing.
• Setiap kelompok membuat kesimpulan kelompok masing-masing.
3. Kegiatan Penutup: 200 menit
• Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan Ketujuh belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: guru menjelaskan pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang.
2. Kegiatan Inti: 60 menit
• Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
• Setiap kelompok mengidentifikasi manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang. Analisis ini dibuat dalam bentuk karangan analitis.
• Diskusi jigsaw tentang pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang.
3. Kegiatan Penutup: 60 menit
• Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
• Menarik kesimpulan materi.
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan Kedelapan belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
• Memberi salam dan mengabsen.
• Apersepsi materi: guru menjelaskan tentang sumber data dalam identifikasi SIG.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
• Secara individu, siswa mengerjakan soal evaluasi (hal 59 – 60) dan evaluasi semester 1 (hal 61 – 64).
3. Kegiatan Penutup: 15 menit
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Siswa bertanya mengenai materi selama satu semester yang kurang dimengerti.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta
- Foto udara
- Sumber data SIG
- Gambar atau chart SIG
- Hardware dan Software SIG
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
- Media cetak
F. Penilaian
Teknik : Tanya Jawab
Bentuk tagihan : Uraian
Tema : Pengertian dan Komponen-komponen SIG
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
untuk yg semester 2 / genap kok gak ada gan???
BalasHapus