Kamis, 25 Maret 2010

RPP GEOGRAFI sma KLS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator : - Mendeskripsikan factor-faktor yang berpengaruh terhadap flora dan fauna
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
Mengidentifikasikan factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

B. Materi Pembelajaran
Factor-faktor yang berpengaruh terhadap flora dan fauna
- Faktor lingkungan
- Faktor sejarah geologi

C. Metode Pembelajaran
Diskusi,Tanya jawab, penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Apersepsi :Guru melontarkan pertanyaan kepada peserta didik mengenai:
Factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna,yaitu:
-faktor lingkungan
-faktor sejarah geologi
· Motifasi:pelajarilah materi tentang flora dan fauna niscaya kamu akan mendapatkan pengetahuan.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
Siswa mempresentasikan makalah kelompok mengenai factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.Kelompok lain dimintak menanggapi.
Siswa mendiskusikan mengenai factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaa flora dan fauna.
Secara individu siswa diberi tugas untuk menyimpulkan.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Siswa secara individu mengumpulkan CD mengenai flora dan fauna di muka bumi.
· CD tersebut akan ditonton pada pertemuan berikutnya.


E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
Buku sumber Geografi SMA yang kompeten
Buku-buku penunjang yang relevan
OHP / Slide Proyektor
Internet

F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan

Aspek yang dinilai Nilai
kualitatif Nilai
kuantitatif Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
Nilai rata-rata
Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif Nilai kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 - 79
Cukup 2 56 - 67
Kurang 1 < 55




Mengetahui, Palembang, 11 Januari 09
Kepala Sekolah/Yayasan SMAN 14 Palembang Guru Geografi




________________________
NIP. NIP.

NIP. NIP.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 14 PALEMBANG
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
Indikator : - Menganalisis persebaran flora dan fauna di IndonesiA
Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit


Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
Mengidentifikasikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisiknya

Materi Pembelajaran
Flora dan fauna di Indonesia
Kondisi lingkungan yang memengaruhinya

Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
Kegiatan pendahuluan (5 menit)
Apersepsi :Guru mengajukan pertanyaan mengenai pesebaran flora dan fauna di Indonesia.
Motivasi : Pelajarilah materi pesebaran flora dan fauna di Indonesia dengan kondisi lingkungan yang mempengaruhinya, insyaallah kamu akan menguasai bahan dengan baik tentang pesebaran flora dan fauna di Indonesia

Kegiatan inti (30 menit)
Peserta didik mengamati informasi mengenai pesebaran flora dan fauna di Indonesia dengan kondisi lingkungan yang mempengaruhinya.
Peserta didik memaknai pola pesebaran flora dan fauna di Indonesia kemudian membuat catatan analisisnya.
Tanya jawab tentang pesebaran flora dan fauna di Indonesia.
Menguraikan secara kelompok hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkunganya.
Secara individu, peserta didik mengerjakan uji penguasaan materi pada buku sumber.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Bersama-sama melakukan refleksi materi yang dibahas.
Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
Peserta didik diberikan tugas untuk merumuskan kembali folra dan fauna di Indonesia dan kondisi lingkungan yang mempengaruhinya





Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
Buku sumber Geografi SMA yang kompeten.
Buku-buku penunjang yang relevan
Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia
OHP / Slide Proyektor
Gambar fenomena geosfer
Internet

Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Pengamatan dan Diskusi
Bahan diskusi : Hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya

Lembar Penilaian Pengamatan dan Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik Pengamatan : …………………………………………………….


No Aspek yang dinilai Nama Kelompok/ Nama siswa Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
2. Kerjasama kelompok
3. Hasil tugas
4. Penggunaan bahasa yang baik
Jumlah Nilai Kelompok
Penilaian Individu Siswa
1. Partisipasi dalam kegiatan
2. Berani menjawab pertanyaan
3. Inisiatif
4. Ketelitian
Jumlah Nilai Individu

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif Nilai kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 - 79
Cukup 2 56 - 67
Kurang 1 < 55



Mengetahui, Palembang, 11 Januari 09
Kepala Sekolah/Yayasan SMAN 14 Palembang Guru Geografi




________________________
NIP. NIP.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 14 PALEMBANG
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif
Indikator : - Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan
- Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
Merumuskan pengertian pembangunan berwawasan lingkungan
Menjelaskan konsep pembangunan berwawasa lingkungan
Menjelaskan ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan

B. Materi Pembelajaran
Pembangunan berwawasan lingkungan

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Apersepsi materi : Guru melontarkan pertanyaan mengenai “Pembangunan Berwawasan Lingkungan”
· Guru memberikan motivasi : Pelajari materi “Pembangunan Berwawasan Lingkungan” niscaya SDA akan terjaga
2. Kegiatan Inti: 30 menit
Guru menjelaskan pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai referensi.
Siswa mencari pengertian pembangunan berwawasan lingkungan
Secara kelompok siswa membuat karangan mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dengan mencantumkan sumbernya.
Tanya jawab mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dan mencermati contoh pengertian pembangunan berwawasan lingkungan di buku teks (hal.78)
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
Buku sumber Geografi SMA yang kompeten
Buku-buku penunjang yang relevan
Gambar atau foto lingkungan hidup
OHP / Slide Proyektor
Internet

F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai referensi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan

Aspek yang dinilai Nilai
kualitatif Nilai
kuantitatif Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
Nilai rata-rata
Komentar

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif Nilai kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 - 79
Cukup 2 56 - 67
Kurang 1 < 55




Mengetahui, Palembang, 11 Januari 09
Kepala Sekolah/Yayasan SMAN 14 Palembang Guru Geografi




Agus Junaidi, S. Pd ________________________
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar